PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DISKRIT BERBENTUK DIGITAL DENGAN POLA PENDISTRIBUSIAN ASYNCHRONOUS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI OPEN SOURCE
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12667Keywords:
Modul Digital, Matematika Diskrit, Asynchronous, Open SourceAbstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendapatkan modul Matematika Diskrit yang berbentuk digital dengan pola pendistribusiannya secara asynchronous menggunakan teknologi open source. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan desain pengembangannya adalah model 4-D, yang terdiri tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Subjek penelitian pada uji terbatas perorangan sebanyak 10 mahasiswa, pada uji coba lapangan sebanyak 20 mahasiswa, dan pada tahap penyebaran produk yang dihasilkan adalah semua mahasiswa dalam salah satu kelas yang mengambil mata kuliah Matematika Diskrit. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh sejumlah data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah perhitungan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul digital Matematika Diskrit dengan memanfaatkan aplikasi open source sudah berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar sebesar 82,50 pada saat simulasi penggunaan modul digital.
References
Divayana, D.G.H., Suyasa, P.W.A., dan Sugihartini, N. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Vol. 5, No. 3, 2016, hh. 149-157.
Rijati, N., “Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Matematika Diskrit Dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Berbasis TIK,” in Techno.Com, Vol. 7, No.3, 2008, hh. 53-60.
Sudradjat, “Peranan Matematika Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,” in Seminar HIMATIKA-UNISBA, 1, 2008, hh. 1-12.
Sholehkhati, C. Studi Komparasi Antara Metode Polamatika Dengan Metode Algoritma Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta Tahun 2013/2014. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
Safrina, I. Pengaruh Modul Digital Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2014.
Santosa, A.S.E., Santyadiputra, G.S., dan Divayana, D.G.H. “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan di SMK TI Bali Global Singaraja,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Vol.6, No.1, 2017, hh. 1-11.
Udayana, N.Y.A., Wirawan, I.M.A., dan Divayana, D.G.H. “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Vol. 6, No. 2, 2017, hh. 128-139.
Simarmata, E.A. Santyadiputra, G.S, dan Divayana, D.G.H. “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Tabanan,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Vol.6, No.1, 2017, hh. 1-10.
Priatna, I.K., Putrama, I.M., dan Divayana, D.G.H. “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Vol. 6, No. 1, 2017, hh. 70-78.
Suyasa, P.W.A, Divayana, D.G.H., dan Adiarta, A. “Pemberdayaan Teknologi Open Source Dalam Pembuatan Modul Digital Bagi Para Dosen di Lingkungan STIKES Buleleng,” Jurnal Widya Laksana, Vol.6, No. 2, 2017, hh.120-129.
http://www.opensource. org/, diakses pada 22 November 2017.
Gozali, F. dan Lo, B. “Pemanfaatan Teknologi Open Source Dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Vol. 1, No. 1, 2012, hh. 47-57.
Haviluddin. “Pemanfaatan Open Source Software (OSS) di Lingkungan Universitas Mulawarman,”Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 5, No. 1, 2010, hh. 10-13.
Imran. “Optimalisasi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dengan Aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS),” e-Buletin (Media Pendidikan LPMP Sulawei Selatan), Vol. 2, No. 1, 2015, hh. 1-10.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)