PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS LCMS MOODLE DALAM PENINGKATAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS SERTA KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI MAN SAKATIGA

Authors

  • Annisa Turrahma Universitas Sriwijaya
  • Erma Novita Satyariza Universitas Sriwijaya
  • Ali Ibrahim Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12672

Keywords:

E-Learning, kualitas pembelajaran, efektif, efisien

Abstract

Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi, proses belajar mengajar tidak hanya mengandalkan tatap muka secara langsung yang diselenggarakan didalam kelas, namun juga mengandalkan media lain, seperti media ICT yang dapat digunakan sebagai salah satu bentuk penyebaran materi pembelajaran. E-Learning sangat potensial untuk dijadikan sebagai salah satu media interakti yang dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran karena siswa dapat mengakses materi pembelajaran selain itu juga kesempatan untuk berinteraksi dengan pengajar akan terbuka lebih luas. Selain
itu e-learningjuga berfungsi sebagai forum diskusi antara pengajar dan siswa, dan
juga dapat digunakan sebagai kuis online, sehingga semua kegiatan proses
pembelajaran menjadi sangat efektif dan efisien.

Katakunci:E-Learning, kualitas pembelajaran, efektif, efisien

Abstract

Along with the development of technology, teaching and learning process not only rely on face-to-face directly held in the classroom, but also rely on other media, such as ICT media that can be used as one form of dissemination of learning materials. E-Learning is potential to serve as one of the interactial media that can help improve the quality of learning because students can access the learning materials as well as the opportunity to interact with teachers will open more widely. Besides it e-learning also serves as a discussion forum between teachers and students, and can also be used as an online quiz, so all the process activities learning becomes very effective and efficient.

 

Keywords: E-Learning, learning quality, effective, efficient

References

Arianti, Y. M., & Yogisa, K. (2012). Aplikasi E-Learning Berbasis Web Dengan Menggunakan Atutor. UG Jurnal, Vol.6, 14-17.

Aribowo, A. S. (2010, Mei 22). E-Learning Cerdas Dengan Personalisasi Menggunakan Teknik Data Mining Dan Decision Support System. Seminar Nasional Informasi 2010 (semnasIF2010) , 80-86.

Arjana, A. (2010). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Online (E-Learning) Untuk Sekolah Menengah Dan Sederajat.

Cabezas, M. F. (2017). From the Teaching-Based Model to the Learning-Based Model: A Comparative Study. 7th International Conference on Intercultural Education “Education, Health and ICT for a Transcultural World”, EDUHEM 2016, 15-17 June 2016, Almeria, Spain , 678-684.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi , 90-102.

Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan E-Learning Berbasis LCMS Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis , 86-99.

Hidayati, N. (2010). Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar : Studi Kasus Pada SMK Negeri 10 Bandar Lampung. Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol.2, 153-170.

Kennerwell, S. (2001). Using Affordances and Constraints to Evaluate the Use of Information and Communications Technology in Teaching and Learning. Journal of Information Technology for Teacher Education, Vol. 10, Nos 1&2, 2001 , 101-116.

Klement, M., Dostal, J., & Maresova, H. (2013). Elements Of Electronic Teaching Material With Respect To Students Cognitive Learning Styles . International Conference On Education And Education Psychology 2013 (ICEEPSY 2013) , 437-446.

Prasetyo, B. H., & Anubhakti, D. (2011). Kajian Penerimaan Sistem E-Learning Dengan Menggunakan Pendekatan UTAUT Study Kasus Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur. BIT, Vol.8, 45-47.

Richards, C. (2005). The Design Of Effective ICT-Support Learning Activities : Exemplary Models, Changing Requirements, And New Possibilities. Language Learning and Technology , 60-79.

Surendro, K. (2005). Pengembangan Learning Content Management System yang Mendukung Peningkatan Efektifitas Proses Belajar Jarak Jauh. Vol.5, 45-52.

Susanti, E., & Sholeh, M. (2008). Rancang Bangun Aplikasi E-Elearning. Jurnal Teknologi, Vol.1, 53-57.

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, Vol. 2, 143-152.

Downloads

Published

2018-01-04

How to Cite

Turrahma, A., Satyariza, E. N., & Ibrahim, A. (2018). PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS LCMS MOODLE DALAM PENINGKATAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS SERTA KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI MAN SAKATIGA. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(3), 327–332. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12672

Issue

Section

Articles