Film Dokumenter Kain Tenun Rangrang Nusa Penida : “The Forgotten Ampel’s Textile from Paradise Island” (Kain Ampel yang Terlupakan dari Pulau Surga)

Authors

  • Ida Ayu Komang Viki Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Saindra santyadiputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Ardwi Pradnyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.13439

Keywords:

Kain Tenun Rangrang, Nusa Penida, Film Dokumenter, cyclic strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengimplementasikan Pengembangan Film Dokumenter Kain Tenun Rangrang Nusa Penida (2) membantu media promosi kain Tenun Rangrang Nusa Penida. Metode penelitian yang digunakan adalah cyclic strategy atau strategi berputar. Adapun tahap – tahap dari cyclic stragey diantaranya adalah Brief, Tahap 1, Tahap 2, evaluasi 1, Tahap 3, Evaluasi 2, Tahap 4, Outcome. Pengembangan film ini diimplementasikan menggunakan Adobe Premiere Pro Cs6 sebagai software editing video. Dengan dibuatnya Film Dokumenter Kain Tenun Rangrang Nusa masyarakat diharapkan bisa lebih mengetahui dan mengenal kebudayaan dan kerajinan kain tenun rangrang ini dan melestarikan agar tidak hilang. Hasil penelitian menunjukkan respon masyarakat terhadap film dokumenter kain tenun rangrang sebesar 89% dengan indeks pencapaian sangat baik. Membandingkan data persentase keseluruhan subyek maka dapat disimpulkan bahwa Film Dokumenter Kain Tenun Rangrang Nusa Penida dapat dikatakan berhasil dan layak untuk dipublikasikan.

Downloads

Published

2019-01-13

How to Cite

Viki Wahyuni, I. A. K., santyadiputra, G. S., & Pradnyana, I. M. A. (2019). Film Dokumenter Kain Tenun Rangrang Nusa Penida : “The Forgotten Ampel’s Textile from Paradise Island” (Kain Ampel yang Terlupakan dari Pulau Surga). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 7(2), 177–191. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.13439

Issue

Section

Articles