PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS WEB DI MA MUHAMMADIYAH KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.15646Abstract
Pelaksanaan program BK di sekolah terutama di MA Muhammadiyah Kudus masih menggunakan sistem yang konvensional. Dalam mengambil data guru BK masih menggunakan lembaran kertas dan membagikannya ke siswa dan kemudian mengolah jawaban. Sistem informasi identifikasi masalah dan kebutuhan siswa dibuat untuk mempermudah guru BK dalam melaksanakan tugas guru BK. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Metode Pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall. Tahap pengujian diakukan untuk mengetahui kelayakan sistem. Pengujian dilakukan dengan uji blackbox dan uji pengguna. Sistem memiliki tiga hak akses yang terdiri dari admin, guru BK dan siswa. Hasil uji kelayakan dari pengguna mendapatkan 79,7% yang merupakan kategori baik yang terdiri atas uji dari guru BK mendapatkan 79,7% yang merupakan kategori baik dan dari uji siswa mendapatkan hasil 77,75% yang merupakan kategori baik.Downloads
Published
2019-04-24
How to Cite
Shofiuddin, M. (2019). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS WEB DI MA MUHAMMADIYAH KUDUS. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 7(3), 293–301. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.15646
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)