PENGEMBANGAN FILM PEMBELAJARAN DAILY LIVING SKILL SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BINA DIRI DI SLB TUNAGRAHITA
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.16914Abstract
Tujuan dari penelitian pengembangan media ini adalah untuk membantu menunjang proses pembelajaran bina diri siswa tunagrahita ringan dalam mempelajari bagaimana merawat pakaian dan menjaga keselamatan berlalu lintas. Film pembelajaran ini memiliki alur cerita yang sama persis dengan keadaan nyata. Pengembangan film pembelajaran bina diri daily living skill merawat pakaian dan menjaga keselamatan berlalu lintas menggunakan model ADDIE. Yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation), Pengembangan produk media pembelajaran dengan model ini dapat menghasilkan produk yang baik, mengingat pada setiap tahap yang dilalui dapat melakukan evaluasi. Produk yang telah dihasilkan dilakukan uji validitas yang dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui kelayakan media film pembelajaran. Selain uji validitas dilakukan pengujian untuk mengetahui respon penonton setelah menggunakan media film pembelajaran bina diri daily living skill merawat pakaian dan menjaga keselamatan berlalu lintas dilakukan dengan metode angket yang memiliki hasil dengan persentase rata-rata sebasar 82,5% yang artinya media ini masuk kategori baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)