EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS DALAM E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Luh Putu Diah Utami Chandra Sari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.16962

Keywords:

E-Modul, Project Based Learning, Schoology

Abstract

Salah satu media yang memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran mandiri adalah modul elektronik (e-modul). E-modul merupakan sebuah media pembelajaran untuk menyampaikan materi kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan dan merealisasikan pengembangan e-modul serta mengetahui respon guru dan siswa mengenai e-modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE dan menggunakan platform schoology. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap e-modul Jaringan Dasar diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil rancangan dan realisasi Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Projet Based Learning pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar dinyatakan berhasil diterapkan berdasarkan beberapa uji yang dilakukan. Hasil analisis data respon guru menunjukkan bahwa didapatkan rata-rata skor sebesar 46, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon maka termasuk pada kategori positif. Sedangkan untuk respon siswa terhadap pengembangan e-modul didapatkan rata-rata skor respon sebesar 64,21, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon siswa termasuk pada kategori positif

Author Biography

Luh Putu Diah Utami Chandra Sari, Universitas Pendidikan Ganesha

Peneliti adalah mahasiswa program S1 Pendidikan Teknik Informatika

Downloads

Published

2019-06-10

How to Cite

Chandra Sari, L. P. D. U. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS DALAM E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.16962

Issue

Section

Articles