EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS DALAM E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.16962Keywords:
E-Modul, Project Based Learning, SchoologyAbstract
Salah satu media yang memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran mandiri adalah modul elektronik (e-modul). E-modul merupakan sebuah media pembelajaran untuk menyampaikan materi kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan dan merealisasikan pengembangan e-modul serta mengetahui respon guru dan siswa mengenai e-modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE dan menggunakan platform schoology. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap e-modul Jaringan Dasar diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil rancangan dan realisasi Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Projet Based Learning pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar dinyatakan berhasil diterapkan berdasarkan beberapa uji yang dilakukan. Hasil analisis data respon guru menunjukkan bahwa didapatkan rata-rata skor sebesar 46, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon maka termasuk pada kategori positif. Sedangkan untuk respon siswa terhadap pengembangan e-modul didapatkan rata-rata skor respon sebesar 64,21, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon siswa termasuk pada kategori positifDownloads
Published
2019-06-10
How to Cite
Chandra Sari, L. P. D. U. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS DALAM E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.16962
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)