PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI BERBASIS WHATSAPP PADA KELAS KARYAWAN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Keywords:

Daring, model pembelajaran, mahasiswa

Abstract

Perkembangan pendidikan tinggi saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran Daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antar dosen dan mahasiswa dengan jaringan internet  yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan pembelajaran Daring Kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan Prodi Teknik Informatika, Universitas PGRI Madiun. Metode penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, Instrumen yang digunakan menggunakan kuesioner dalam bentuk daftar pertanyaan yang ditujukan kepada mahasiswa kelas karyawan. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa 69% menyatakan kurang efektif  pembelajaran secara konvensional, minat mahasiswa dalam pembelajaran daring sekitar 89% berminat dan 78% setuju bahwa dalam penerapannya dinilai lebih efektif daripada pembelajaran konvensional.

Author Biography

Latjuba Sofyana, Universitas PGRI Madiun

Dosen Universitas PGRI Madiun

References

Anardani. Sri dan Riyanto. Slamet. Using Cloud Storage to Improve Student Learning Motivation nn Informatics Engineering University PGRI Madiun in Proc. ICONS, 2017, pp 1252-1257.

Bilfaqih. Yusuf, Qomarudin. M. Nur. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Sleman: deepublish, 2015

Adhe. Kartika. R. Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of early childhood care & education, 2018:vol. 1 No. 1, hal 26-31,

Martika. Ni. Putu. Penerapan Program Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi Terhadap Peningkatan Hasil Uji Kompetensi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMA Di Kabupaten Gianyar. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2018:Vol. 7 No. 2.

Saifudin. A. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Belajar. 1997

Fendya. Wimona T dan Wibawa. Sendra C. Pengembangan Sistem Kuesioner Daring dengan Metode Weight Product untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer pada LPK Cyber Computer. Jurnal IT-EDU. 2018:Vol 03 No 01. pp 45-53.

Downloads

Published

2019-03-10

How to Cite

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI BERBASIS WHATSAPP PADA KELAS KARYAWAN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 8(1), 81–86. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Issue

Section

Articles