APLIKASI PENGENALAN BAHASA SUNDA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN KONSEP V.I.S.U.A.L.S

Authors

  • Nur Komalasari Universitas Siliwangi Tasikmalaya
  • Eka Wahyu Hidayat Universitas Siliwangi
  • Aldy Putra Aldya

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.21654

Keywords:

Multimedia, Luther-Sutopo, Sundanese, VISUALS

Abstract

Abstrak

Bahasa Sunda merupakan bahasa yang unik dengan tingkatan-tingkatan berbahasa atau lebih dikenal dengan istilah undak usuk basa Sunda. Banyaknya generasi muda zaman sekarang, khususnya anak-anak yang tidak mengetahui bahasa Sunda meski tinggal dan tumbuh ditanah Sunda. Perlu adanya inovasi yang dapat memperkenalkan bahasa Sunda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang terus berkembang saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk membangun sebuah aplikasi pengenalan bahasa Sunda berbasis multimedia dengan konsep V.I.S.U.A.L.S yang dapat digunakan untuk media belajar. Metode dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, dari hasil pengujian alpha dan beta semua fungsionalitas aplikasi media pembelajaran sudah berjalan dengan baik dengan nilai persentase sebesar 90,03% dari pengguna. Hasil ini menunjukan bahwa aplikasi pengenalan bahasa Sunda yang dihasilkan sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media bantu untuk belajar.

 

Kata kunci: Bahasa Sunda, Luther-Sutopo, Multimedia, VISUALS

 

Abstract

Sundanese is a unique language with a level of language or better known as the Sundanese undak usuk. many young people today, especially children who do not know Sundanese even though they live and grow in Sundanese soil. There needs to be innovations that can introduce Sundanese language by utilizing technological advances that continue to develop at this time. The purpose of this study is to build a multimedia-based Sundanese language introduction application with the concept of V.I.S.U.A.L.S which can be used for learning media. The method in developing this application uses the Luther-Sutopo version of the multimedia development method. Based on testing that has been done, from the results of alpha and beta testing all learning media application functionality has run well with a percentage value of 90.03% of users. These results indicate that the Sundanese language recognition application produced is very good and feasible to be used as a media aids for learning.

 

Keywords : Multimedia, Luther-Sutopo, Sundanese, VISUALS

References

Batara, P. (2014). Bahasa Sunda; Undak Usuk Basa dan Perkembangannya.Wacana [online]. Tersedia: http://www.wacana.co/2014/09/bahasa-sunda-undak-usuk-basa-dan-perkembangannya/.

Sanaky, H. A. H. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safirina Insania Press.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

T. Vaughan, Multimedia Making It Work, Sixth Edition, New York: McGraw-Hill Companies, 2004.

Hidayat, E. W., Irawan, E. P. (2013). Prototype Informasi Digital Jurusan Teknik Informatika UNSIL Berbasis Multimedia. Jurnal Konferensi Nasional Sistem Informasi 2013, KNSI – 344.

Fitra., Nurhadi., Irawan. (2014). Perancangan Aplikasi Perangkat Ajar Pengenalan Anggota Tubuh Manusia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Media Processor, ISSN 1907-6738 Vol. 9, No. 1. Pp. 89-97.

Fitriyani, N., Tresnawati, D., & Hadiyanto, N. (2014). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka dan Warna untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal STT-Garut, ISSN 2302-7339, Vol. 11, No. 1.

Erdisna., Rahman, A. (2015). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Adobe Flash CS3. Jurnal KomTekIn Fakultas Ilmu Komputer, ISSN 2356-0010 Vol. 2, No. 1, pp. 25-33.

Gunawan, D., Kurniawan, F. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Pengenalan Satwa Bagi Anak Usia Dini. Duta.com, ISSN 2086-9436 Vol. 10, No. 1, pp. 69– 77.

Ernawati, R. S., Hidayat. E. W., & Rahmatullah. A. (2017). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Aksara Sunda Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, e-ISSN 2443-2229, Vol. 3 No.7, pp. 512-523.

Downloads

Published

2020-04-01

Issue

Section

Articles