HUBUNGAN NILAI MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK PADA SISWA KELAS XII JURUSAN RPL SMK IBU KARTINI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.22680Keywords:
Hubungan, Matematika, Pemrograman Berorientasi ObjekAbstract
Teori matematika digunakan sebagai dasar dalam bahasa pemrograman, contohnya antara lain yaitu logika matematika, himpunan, aljabar, fungsi, barisan dan deret. Oleh karena itu matematika mempunyai hubungan dengan dasar pemrograman. Namun, hubungan matematika dengan pemrograman berorientasi objek (PBO) belum dapat diketahui. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan uji korelasi Rank Spearman. Analisis dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dengan populasi siswa kelas XI dan XII Jurusan RPL SMK Ibu Kartini Semarang. Hasil uji normalitas menyatakan bahwa variabel nilai matematika mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,008, sedangkan nilai uji variabel prestasi belajar pemrograman berorientasi objek sebesar 0,00. Dilihat dari nilai tersebut, data kedua variabel tidak berdistribusi normal. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,013 (sig.2-tailed) dengan interval keyakinan 0,05 untuk uji 2 sisi. Koefisien korelasi 0,013<0,05 menunjukkan bahwa nilai matematika berhubungan atau berkorelasi dengan prestasi belajar pemrograman berorientasi objek. Berdasarkan pedoman interprestasi koefisien korelasi, skor signifikansi 0,441 menunjukan bahwa tingkat kekuatan korelasi antar variabel berada di kategori sedang. Hal tersebut berarti bahwa nilai matematika dengan prestasi belajar pemrograman berorientasi objek mempunyai hubungan atau kaitan yang signifikan dengan kategori sedang.References
D. E. Novianti, A. U. Khoirotunnisa, and A. Indriani, “Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis,” JIPM (Jurnal Ilm. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, p. 53, 2017.
Herlina and T. M. S. Mulyana, “Analisis Persepsi dan Hubungan Prestasi Belajar Matematika Dengan Prestasi Bahasa Pemrograman,” J. Ilm. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2019.
Suprapto, K. T. Yuwono, T. Sukardiyono, and A. Dewanto, Bahasa Pemrograman, vol. 1, no. 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.
B. I. Angraini, “Hubungan Penguasaan Materi Matematika Dengan Kemampuan Konstruksi Algoritma Pemrograman Matlab Mahasiswa Semestar Iv Prodi Tadris Matematika Iain Mataram Tahun 2015/2016,” Institut Agama Islam Negeri Mataram Mataram, 2017.
A. R. Mulyanto, Rekayasa Perangkat Lunak, 1st ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2008.
Kamsiyatun, “Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IA SDN Sidomekar 08 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015,” Pancaran, vol. 5, no. 2, pp. 91–102, 2015.
N. N. A. Udayana, I. M. A. Wirawan, and D. G. H. Divayana, “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 128–139, 2017.
E. Subiyantoro, Pemrograman Berorientasi ObJek. Malang, 2013.
M. Kusumaningrum and A. A. Saefudin, “Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika melalui Pemecahan Masalah Matematika,” Pros. Kontribusi Pendidik. Mat. dan Mat. dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa, no. November, pp. 978–979, 2012.
R. E. F. Siagian, “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 2, no. 2, pp. 122–131, 2015.
Susanto, “Hubungan Antara Hasil Belajar Matematika dan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Microsoft Office Excel 2007 Prodi Teknik Komputer dan Jaringan Siswa Kelas XI Di SMK Muhammadiyah 1 Salam Tahun Ajaran 2012/2013,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.
S. Budiwanto, Metode Statistika Untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang, 2017.
R. Ananda and M. Fadhli, STATISTIKA PENDIDIKAN : Teori dan Praktik Dalam Pendidikan, vol. 11, no. 3. CV. Widya Puspita, 2018.
Djuniadi, A. Muhamad, and L. Wahyu, Statistik Inferensial Teori, Aplikasi dan Latihan Soal dengan SPSS. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
H. Alimuddin and A. Trisnowali, “Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis,” HISTOGRAM J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, p. 169, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)