HUBUNGAN NILAI MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK PADA SISWA KELAS XII JURUSAN RPL SMK IBU KARTINI SEMARANG

Agung Adi Firdaus, Putri Khoirin Nashiroh, Djuniadi Djuniadi

Abstract


Teori matematika digunakan sebagai dasar dalam bahasa pemrograman, contohnya antara lain yaitu logika matematika, himpunan, aljabar, fungsi, barisan dan deret. Oleh karena itu matematika mempunyai hubungan dengan dasar pemrograman. Namun, hubungan matematika dengan pemrograman berorientasi objek (PBO) belum dapat diketahui. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan uji korelasi Rank Spearman. Analisis dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dengan populasi siswa kelas XI dan XII Jurusan RPL SMK Ibu Kartini Semarang. Hasil uji normalitas menyatakan bahwa variabel nilai matematika mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,008, sedangkan nilai uji variabel prestasi belajar pemrograman berorientasi objek sebesar 0,00. Dilihat dari nilai tersebut, data kedua variabel tidak berdistribusi normal. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,013 (sig.2-tailed) dengan interval keyakinan 0,05 untuk uji 2 sisi. Koefisien korelasi 0,013<0,05 menunjukkan bahwa nilai matematika berhubungan atau berkorelasi dengan prestasi belajar pemrograman berorientasi objek. Berdasarkan pedoman interprestasi koefisien korelasi, skor signifikansi 0,441 menunjukan bahwa tingkat kekuatan korelasi antar variabel berada di kategori sedang. Hal tersebut berarti bahwa nilai matematika dengan prestasi belajar pemrograman berorientasi objek mempunyai hubungan atau kaitan yang signifikan dengan kategori sedang.

Keywords


Hubungan; Matematika; Pemrograman Berorientasi Objek

Full Text:

PDF

References


D. E. Novianti, A. U. Khoirotunnisa, and A. Indriani, “Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis,” JIPM (Jurnal Ilm. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, p. 53, 2017.

Herlina and T. M. S. Mulyana, “Analisis Persepsi dan Hubungan Prestasi Belajar Matematika Dengan Prestasi Bahasa Pemrograman,” J. Ilm. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2019.

Suprapto, K. T. Yuwono, T. Sukardiyono, and A. Dewanto, Bahasa Pemrograman, vol. 1, no. 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.

B. I. Angraini, “Hubungan Penguasaan Materi Matematika Dengan Kemampuan Konstruksi Algoritma Pemrograman Matlab Mahasiswa Semestar Iv Prodi Tadris Matematika Iain Mataram Tahun 2015/2016,” Institut Agama Islam Negeri Mataram Mataram, 2017.

A. R. Mulyanto, Rekayasa Perangkat Lunak, 1st ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2008.

Kamsiyatun, “Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IA SDN Sidomekar 08 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015,” Pancaran, vol. 5, no. 2, pp. 91–102, 2015.

N. N. A. Udayana, I. M. A. Wirawan, and D. G. H. Divayana, “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 128–139, 2017.

E. Subiyantoro, Pemrograman Berorientasi ObJek. Malang, 2013.

M. Kusumaningrum and A. A. Saefudin, “Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika melalui Pemecahan Masalah Matematika,” Pros. Kontribusi Pendidik. Mat. dan Mat. dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa, no. November, pp. 978–979, 2012.

R. E. F. Siagian, “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 2, no. 2, pp. 122–131, 2015.

Susanto, “Hubungan Antara Hasil Belajar Matematika dan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Microsoft Office Excel 2007 Prodi Teknik Komputer dan Jaringan Siswa Kelas XI Di SMK Muhammadiyah 1 Salam Tahun Ajaran 2012/2013,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

S. Budiwanto, Metode Statistika Untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang, 2017.

R. Ananda and M. Fadhli, STATISTIKA PENDIDIKAN : Teori dan Praktik Dalam Pendidikan, vol. 11, no. 3. CV. Widya Puspita, 2018.

Djuniadi, A. Muhamad, and L. Wahyu, Statistik Inferensial Teori, Aplikasi dan Latihan Soal dengan SPSS. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

H. Alimuddin and A. Trisnowali, “Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis,” HISTOGRAM J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, p. 169, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v9i1.22680

Article Metrics

Abstract view : 552 times
PDF file view : 503 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published By:

PRODI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK DAN KEJURUAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-27213
Homepage: http://pti.undiksha.ac.id

 

JANAPATI indexed by:  

     Crossref JPI    

Creative Commons License

Janapati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.