PENERAPAN SISTEM PRESENSI MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR GPS (KLINIK PRATAMA X DI JEMBER)

Authors

  • Ely Mulyadi Politeknik Negeri Jember
  • Andis Trihariprasetya Politeknik Negeri Jember
  • I Gede Wiryawan Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23174

Keywords:

Sistem presensi, Mobile, Global Positioning System

Abstract

Perangkat dengan sensor sidik jari yang digunakan sebagai perangkat khusus untuk menangani presensi sangat rentan mengalami kerusakan dan susah untuk dikonfigurasikan di saat awal penggunaannya. Dengan penelitian ini, harapannya diperoleh suatu perangkat alternatif yang bisa menggantikan perangkat khusus tersebut. Dalam penelitian ini dikembangkan sistem presensi pada perangkat mobile yang telah dimiliki oleh mayoritas orang dengan memanfaatkan sensor Global Positioning System. Metode yang digunakan dalam mengembangkan penelitian ini adalah metode pengembangan perangkat lunak scrum. Sistem presensi ini diterapkan pada salah satu klinik kesehatan di Jember. Implementasi sistem presensi yang dikembangkan secara umum dapat berjalan dengan baik dan dibuktikan dengan hasil pengujian dengan metode Black box dan kuisioner sederhana untuk pengguna sistem. Dari hasil kuisioner didapatkan nilai rata-rata 4,36. Hal yang masih perlu menjadi pertimbangan untuk pengembangan kedepannya adalah kecepatan respon dari sistem presensi ini.

Author Biographies

Ely Mulyadi, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Teknologi Informasi

Andis Trihariprasetya, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Teknologi Informasi

I Gede Wiryawan, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Teknologi Informasi

References

J. Christian and H. Nasrullah, "Pemanfaatan Radio Frequency Identification (RFID) untuk Sistem Absensi Pegawai," Budi Luhur Information Technology, vol. 10, no. 1, 2013.

Aris, I. Mubarak, W. Yuliardi, A. Ramadhan and A. Permana, "Desain Aplikasi Sistem Informasi Absensi Karyawan Dengan Radio Frequency Identification (RFID) Pada PT. Skyputra Pancasurya," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 3, no. 1, pp. 4.6-1, 2015.

J. F. DiMarzio, Beginning Android® Programming with Android Studio, Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc., 2017.

K. Rosyadi, Otomatisasi Presensi Menggunakan Global Positioning System (GPS), Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015.

A. S. Syafawi, Sistem Presensi Online Berbasis Lokasi Studi Kasus Dosen DPK Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta: Skripsi, Universitas Islam Indonesia, 2017.

R. M. Akbar and N. Prabowo, "Aplikasi Absensi Menggunakan Metode Lock GPS Dengan Android Di PT. PLN (Persero) App Malang Basecamp Mojokerto," Majapahit Techno, vol. V, no. 2, pp. 55-63, 2015.

R. N. Rosso, Sistem Presensi Menggunakan Global Positioning System Berbasis Android, Semarang: Skripsi, Universitas STIKUBANK (UNISBANK), 2017.

R. Ayuninghemi and E. Mulyadi, "Evaluative Study of Clinical Management Information System with COBIT 4.1 Approach in Dokterku Taman Gading Jember Clinic," Proceeding of the 1st International Conference on Food and Agriculture, pp. 709-715, 2018.

R. Saiful, Filosofi Agile dan Panduan Scrum, Jakarta: Leanpub, 2016.

S. Nidhra and J. Dondeti, "Black Box And White Box Testing Techniques - A Literature Review," International Journal of Embedded Systems and Applications (IJESA), vol. II, no. 2, pp. 29-50, 2012.

G. Indrawan, G. T. Heriawan, A. I. I. Paramitha, I. G. Wiryawan, M. T. Sastradi and K. A. Sucahyana, "SIsKA: Mobile Based Academic Progress Information System," in 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017), Bali, 2018.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Mulyadi, E., Trihariprasetya, A., & Wiryawan, I. G. (2020). PENERAPAN SISTEM PRESENSI MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR GPS (KLINIK PRATAMA X DI JEMBER). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23174

Issue

Section

Articles