IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215

Keywords:

Perakitan Komputer, Media Pembelajaran, Virtual Reality, 3D

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi pada pembelajaran perakitan komputer. Pada saat pembelajaran dilakukan tidak didukung oleh jumlah komponen hardware komputer yang sesuai dengan jumlah siswa, sehingga siswa sulit untuk memahami dan mempraktekkan materi pelajaran. Terbatasnya jumlah komponen peraga disebabkan karena keterbatasan anggaran untuk pengadaan. Komponen peraga yang ada di Sekolah banyak yang rusak, karena kesalahan yang dilakukan siswa pada saat praktek. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran perakitan komputer menggunakan teknologi virtual reality. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) model pengembangan four-D (4D). Tahap pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (Pendiseminasian). Model pengembangan multimedia yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Pada penelitian ini menggunakan tahapan penelitian yang mengkombinasikan antara 4D dan model pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran perakitan komputer berbasis virtual reality yang terdiri dari bagian penjelasan komponen hardware dan bagian simulasi perakitan komputer. Media pembelajaran ini dijalankan menggunakan smartphone android, VR-Box serta Controller. Hasil pengujian validitas produk adalah 0,79 dengan kriteria valid. Untuk hasil uji praktikalitas memperoleh nilai 84,11 dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas memperoleh nilai 0,78 dengan kriteria efektivitas tinggi.

 

Author Biography

Hari Antoni Musril, IAIN Bukittinggi

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

References

Munazilin, A. (2017). Arsitektur Komputer.Yogyakarta : Deepublish.

Yudhanto, Y. (2018). Panduan Pengantar Belajar Hardware dan Software. Solo : Rumah Studio Indonesia.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pengajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.

Chandel, D., & Chauhan, A. (2014). Virtual Reality. International Journal of Science and Research, 1223.

Sumiharsono, H. M. R., & Hasanah, H. (2018). Media Pembelajaran. Jember : Pustaka Abadi.

Herlangga, K. G. (2016). Virtual Reality dan Perkembangannya. Retrieved from Codepolitan:https://www.codepolitan.com/virtualreality-dan-perkembangannya.

Wardhana, N. J., Arthana, I K. R., & Divayana, D. G. H. (2019). Pengembangan Aplikasi Virtual Reality 3D Pengenalan Manusia Purba Bangsa Indonesia Untuk SMA Kelas X (Studi Kasus SMA Negeri 2 Singaraja). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 111.

Susanti, & Aifan (2019). Game Perakitan Komputer Berbasis Mobile Menggunakan Metode Finite State Machines (FSM). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 25.

Pranata, M. A., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I G. P. (2017). Rancangan Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 258.

Kusuma, G. T. A., Wirawan, I M. A., & Arthana, I K. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-Jenis Ikan Berbasis Virtual Reality. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 297.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 81.

Sugiarto, H. (2018). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 27-28.

Cholifah, W. N., Yulianingsih, & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap. Jurnal String, 207.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 9(1), 83–95. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215

Issue

Section

Articles