IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215Keywords:
Perakitan Komputer, Media Pembelajaran, Virtual Reality, 3DAbstract
Penelitian dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi pada pembelajaran perakitan komputer. Pada saat pembelajaran dilakukan tidak didukung oleh jumlah komponen hardware komputer yang sesuai dengan jumlah siswa, sehingga siswa sulit untuk memahami dan mempraktekkan materi pelajaran. Terbatasnya jumlah komponen peraga disebabkan karena keterbatasan anggaran untuk pengadaan. Komponen peraga yang ada di Sekolah banyak yang rusak, karena kesalahan yang dilakukan siswa pada saat praktek. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran perakitan komputer menggunakan teknologi virtual reality. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) model pengembangan four-D (4D). Tahap pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (Pendiseminasian). Model pengembangan multimedia yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Pada penelitian ini menggunakan tahapan penelitian yang mengkombinasikan antara 4D dan model pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran perakitan komputer berbasis virtual reality yang terdiri dari bagian penjelasan komponen hardware dan bagian simulasi perakitan komputer. Media pembelajaran ini dijalankan menggunakan smartphone android, VR-Box serta Controller. Hasil pengujian validitas produk adalah 0,79 dengan kriteria valid. Untuk hasil uji praktikalitas memperoleh nilai 84,11 dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas memperoleh nilai 0,78 dengan kriteria efektivitas tinggi.
References
Munazilin, A. (2017). Arsitektur Komputer.Yogyakarta : Deepublish.
Yudhanto, Y. (2018). Panduan Pengantar Belajar Hardware dan Software. Solo : Rumah Studio Indonesia.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pengajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.
Chandel, D., & Chauhan, A. (2014). Virtual Reality. International Journal of Science and Research, 1223.
Sumiharsono, H. M. R., & Hasanah, H. (2018). Media Pembelajaran. Jember : Pustaka Abadi.
Herlangga, K. G. (2016). Virtual Reality dan Perkembangannya. Retrieved from Codepolitan:https://www.codepolitan.com/virtualreality-dan-perkembangannya.
Wardhana, N. J., Arthana, I K. R., & Divayana, D. G. H. (2019). Pengembangan Aplikasi Virtual Reality 3D Pengenalan Manusia Purba Bangsa Indonesia Untuk SMA Kelas X (Studi Kasus SMA Negeri 2 Singaraja). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 111.
Susanti, & Aifan (2019). Game Perakitan Komputer Berbasis Mobile Menggunakan Metode Finite State Machines (FSM). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 25.
Pranata, M. A., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I G. P. (2017). Rancangan Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 258.
Kusuma, G. T. A., Wirawan, I M. A., & Arthana, I K. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-Jenis Ikan Berbasis Virtual Reality. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 297.
Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 81.
Sugiarto, H. (2018). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 27-28.
Cholifah, W. N., Yulianingsih, & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap. Jurnal String, 207.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)