ANALISIS KUALITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Authors

  • Faizatul Amalia Universitas Brawijaya
  • Rizky Tri Sulistyo Universitas Brawijaya
  • Nurudin Santoso Universitas Brawijaya
  • Adam Hendra Brata Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v9i2.23522

Keywords:

e-learning, McCall, siswa SMK, hasil belajar

Abstract

Berkembangnya e-learning dalam dunia pendidikan memberikan dampak yang besar pada tingkatan sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Hal ini diikuti dengan banyaknya e-learning yang dapat digunakan oleh siswa seperti ruang guru, Edmodo, google classroom dan masih banyak lagi. Semakin banyak e-learning yang digunakan pada proses belajar, maka dengan ini paradigma pendidikan juga mengalami pergeseran menjadi student centered learning. Namun penggunaan LMS ini belum dikatakan maksimal, salah satunya ditunjukkan melalui minimnya interaksi pada forum diskusi pada LMS. Keberadaan forum diskusi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar melalui sebuah penggunaan teknologi. Pada penelitian ini, jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Persentase penerimaan teknologi e-learning sebagai media pembelajaran alternatif pada siswa SMK di Kota Malang diperoleh untuk kelima variabel menggunakan McCall model, antara lain: (1) correctness, didapatkan hasil rata-rata dari tiga indikator tersebut sebesar 73% yang berada pada kategori tinggi; (2) Reliability dengan nilai rata-rata sebesar 72% yang berada pada kategori tinggi; (3) Efficiency dengan pemerolehan nilai rata-rata diperoleh sebesar 76% yang berada pada kategori sangat tinggi; (4) Integrity dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 74% yang berada pada kategori tinggi; (5) Usability dengan pemerolehan nilai rata-rata sebesar 76% yang berada pada kategori sangat tinggi. Rata-rata dari variable ini memiliki nilai sebesar 75% yang artinya kualitas e-learning memberikan dorongan pada siswa dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran. Kualitas e-learning yang digunakan pada pembelajaran menghasilkan hasil belajar yang meningkat

References

OECD, Programme for International Student Assesment, 2018. [Online]. Available: https://www.oecd.org/pisa/.

kompas, Daftar Lengkap Skor PISA 2018: Kemampuan Baca, Berapa Skor Indonesia?, 2018. [Online]. Available: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09141971/daftar-lengkap-skor-pisa-2018-kemampuan-baca-berapa-skor-indonesia?page=all.

J. Warsihna, Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kwangsan, 2016, pp. 67-80.

M. Budiyanto, E. Sudibyo and A. Qosyim, PEMBELAJARAN FISIKA DASAR MENGGUNAKAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2018, pp. 82-86.

A. H. Elyas, Penggunaan Model Pembelajaran E-learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Jurnal Warta, 2018.

D. Rahadian, Pergeseran Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi, 2016. [Online]. Available: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/viewFile/60/50.

Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah," 1990. [Online]. Available: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjI0p_5-oPmAhVzzTgGHdGWB2QQFjAAegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fwww.bphn.go.id%2Fdata%2Fdocuments%2F90pp029.doc&usg=AOvVaw1psaksfSyTiFdTU_9pty3p.

Indonesia, Peraturan Pemerintah No 34 Tahun 2018 tentang Standar Proses Pembelajaran, 2018.

Ruangguru, Tentang Ruangguru, 2019. [Online]. Available: https://ruangguru.com/general/about.

F. Amalia and H. A. Brata, Analisis Tingkat Penerimaan E-learning sebagai Alternatif Media Pembelajaran bagi Siswa SMK, Universitas Brawijaya, Malang, 2018.

A. Hidayati, E. Oktariza, F. Rosmaningsih and A. S. Latifah, Analisa Kualitas Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik Menggunakan McCall, Multinetics, pp. 47-51, 2017.

N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Disdakmen, Peserta Didik, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, 2018. [Online]. Available: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pd/2/056100. [Accessed 2018 08 20].

Y. A. Hashim, Determining Sufficiency of Sample Size in Management Survey Research Activities, International Journal of Organisational Management & Entrepreneurship Development, 2010, vol. 6, no. 1, pp. 119-130.

V. Padmakar, B. Murthy and J. M. Reddy, Empirical Analysis of McCall's Quality Factors using Analytic Hierarchy Process Agile Perception, International Journal for Research in Applied Science & Engineering Technology (IJRASET), 2017, vol. 5, no. VII, pp. 185-190.

A. Ulfah, Faktor-faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pemakai Akhir Sistem Informasi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2016.

Y. Krisdiantoro, I. Subekti and Y. W. Prihatingtias, Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Manfaat Bersih dengan Intensitas Penggunaan sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Akuntasi Aktual, 2018, vol. 5, no. 2, pp. 149-167.

A. Widodo, H. R. D. Putranti and Nurchayati, Pengaruh Kualitas Sistem Aplikasi dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi RTS (Rail Ticketing System) dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi, Media Ekonomi dan Manajemen, 2016, vol. 31, no. 2, pp. 160-181.

S. E. Yulianto, Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan terhadap Pemanfaatan E-Learning dengan Model TAM di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, vol. 1, no. 1, 2011.

K. R. H, E. S. Astuti and H. Susilo, Pengaruh Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Secara Online, Jurnal Administrasi Bisnis, 2015, vol. 28, no. 1, pp. 56-64.

V. L. P. Sutrisno and B. T. Siswanto, Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2016, vol. 6, no. 1, pp. 111-120.

L. Darliah, Pengaruh Kualitas Informasi dan Penggunaan E-learning Terhadap Prestasi Belajar dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2016.

Downloads

Published

2020-08-09

Issue

Section

Articles