EVALUASI USABILITY PADA E-LEARNING UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DENGAN METODE USABILITY TESTING

Authors

  • Nengah Widya Utami STMIK Primakara
  • I Ketut Resika Arthana
  • I Gede Mahendra Darmawiguna

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23663

Keywords:

usability, e-learning, performance measurement, retrospective think aloud, SUS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengevaluasi E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha pada aspek usability menggunakan metode usability testing yaitu teknik Performance Measurement dan teknik Retrospective Think Aloud (RTA), serta dapat memberikan rekomendasi perbaikan atas sistem tersebut berdasarkan hasil evaluasi usability yang dilakukan. Ada tiga aspek usability yang dikaji yaitu efektivitas (effectiveness), efisensi (efficiency), dan kenyamanan atau kepuasan pengguna (satisfaction) menggunakan E-Learning Undiksha. Populasi dalam penelitan ini yaitu dosen dan mahasiswa di Fakultas Teknik dan Kejuruan (FTK) dengan melibatkan 32 responden yaitu 16 responden dosen dan 16 responden mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu teknik wawancara, Performance Measurement, dan RTA. Analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test dan perhitungan Software Usability System (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) E-Learning Undiksha masih belum efektif dilihat dari adanya kesalahan (error) pengguna dosen dan mahasiswa saat pengerjaan tugas, (2) E-Learning Undiksha sudah efisien dilihat dari tidak adanya perbedaan yang signifikan waktu pengerjaan tugas kelompok mahir dan kelompok pemula oleh responden dosen dan mahasiswa, (3) Pengguna baik dosen maupun mahasiswa merasa kurang puas menggunakan E-Learning Undiksha dilihat dari skor kuisioner SUS sebesar 60.94 dan 61.09. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa E-Learning Undiksha belum memiliki usability yang baik karena tidak memenuhi kriteria sebuah produk dengan usability yang baik. Hal ini dapat dilihat pada penilaian tingkat efektivitas, efesiensi, dan kepuasan pengguna, halaman E-Learning Undiksha ini tidak mampu memenuhi kriteria yang baik untuk ketiga aspek tersebut. Berdasarkan hal tersebut, rekomendasi perbaikan dalam penelitian ini difokuskan untuk mengubah tata letak (layout) halaman dan menu navigasi pada hasil data penyebab kesalahan (error) pengguna, dan menyederhanakan menu serta konsistensi penggunaan Bahasa dan istilah sesuai saran dari pengguna. Perbaikan dilakukan dengan membuat wireframe halaman utama E-Learning Undiksha, halaman utama pengguna, halaman mengelola matakuliah, halaman mengubah konten matakuliah, halaman menambah aktivitas, halaman membuat kuis, halaman mendaftar matakuliah, dan halaman forum diskusi.

References

Ramadiani, dan Rodziah Binti Atan. 2013. Model Evaluasi Pengguna Interface E-learning. Jurnal disajikan dalam Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2 - 4 Desember 2013

Rahadi, Dedi Rianto. 2014. “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android”. Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 6, No. 1, ISSN: 2355-4614

Ritawati, dan Fajar, A.N. 2019. “Analysis Usability And Content In Known System Implementation”. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol. 97, No. 6

Falahah, dan Iwan Rijayana. 2011. “Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Dengan Pendekatan Utility System (Studi Kasus Sistem E-Campus Universitas Widyatama)”. Jurnal Ilmiah KURSOR, Vol. 6, No. 2, ISSN: 0216 – 0544

Utama, Satria. 2011. Perbaikan User Interface Halaman Internet Banking dengan Metode Usability Testing. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Program Teknik Industri, FT, UI.

Prakoso, Kukuh Setyo. 2005. Membangun E-learning dengan Moodle. Andi: Yogyakarta

Elfaki, A. O dan Bassfar, Z. 2019. “Auto-Measuring Usability Method Based On Runtime User’s Behavior: Case Study For Governmental Web-Based Information Systems”. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol. 97, No. 13.

Sembada, Deo Agung. 2012. Evaluasi Penggunaan Content Management System (CMS) Untuk Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Program Studi Ilmu Perpustakaan, FIPB, UI.

Ersa, Amalia Mardhia. 2015. Usability Evaluation Website E-Government Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online (LAPOR!): Perbandingan Antara Existing Product dan Development Product. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Program Studi Ilmu Komputer, FIK, UI.

Junus, Inas Sofiyah, dkk. 2015. “Usability Evaluation of the Student-Centered e-Learning Environment”. Jurnal International Review of Research in Open and Distributed Learning, Vol.1 6, No. 4.

Downloads

Published

2020-04-01

Issue

Section

Articles