MODUL PEMBELAJARAN HYPERCONTENT PENGENALAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER UNTUK MAHASISWA ASAL DAERAH 3T DI STKIP SURYA
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v9i2.24142Keywords:
Modul hypercontent, Media interaktif, video animasi, QR-CodeAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran hypercontent untuk mahasiswa asal daerah 3T di STKIP Surya, dengan metode Research and Development dan model Derek Rowntree. Makna hypercontent diadopsi dari cara membaca secara digital yang bersifat non-linear. Modul hypercontent menggabungkan antara hypertext, hypermedia, dan hyperlink menjadi satu bagian sehingga mampu memperkaya isi materi pada modul. Berdasarkan hasil observasi terhadap 50 mahasiswa mengenai kebutuhan modul didapatkan hasil 92% mahasiswa menyatakan membutuhkan modul pembelajaran. Selanjutnya hasil uji kelayakan oleh ahli materi didapatkan hasil 72.6 atau layak, uji ahli media didapatkan hasil 82.9 atau sangat layak, uji ahli desain pembelajaran didapatkan hasil 91.25 atau sangat layak. Untuk uji one to one dilakaukan terhadap tiga mahasiswa dengan hasil rata-rata 97.47 atau sangat layak. Selanjutnya uji efektivitas didapatkan hasil uji t dengan nilai t tabel -10.130 < -2.2 artinya H0 ditolak dan keputusan modul pembelajaran hypercontent sangat efektif digunakan sebagai bahan belajar mandiri oleh mahasiswa.Downloads
Published
2020-08-09
How to Cite
Amin, M., Muslim, S., & Wirasti, M. K. (2020). MODUL PEMBELAJARAN HYPERCONTENT PENGENALAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER UNTUK MAHASISWA ASAL DAERAH 3T DI STKIP SURYA. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 9(2), 228–242. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i2.24142
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)