IMPLEMENTASI KOMIK INTERAKTIF CERITA RAKYAT CUPAK GRANTANG DENGAN BAHASA ISYARAT BERBASIS MOBILE
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v9i2.24189Keywords:
Kata kunci, Cerita rakyat, komik interaktif, bahasa isyaratAbstract
Cerita rakyat merupakan sebuah kejadian, peristiwa, atau fenomena yang terjadi pada jaman dulu, mengandung pesan moral sangat tinggi nilainya dan mencerminkan kehidupan seseorang atau sekelompok orang dalam masyarakat. Cerita rakyat diharapkan dapat meningkatkan wawasan pendidikan terutama pada peserta didik. Komik interaktif berbasis mobile merupakan sarana penting dalam melengkapi proses belajar mengajar terutama bahasa isyarat. Media komik interaktif, tentang cerita rakyat Cupak dan Grantang diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan minat baca siswa dan mempu menarik perhatian peserta didik untuk belajar, dari hasil pengujian didapatkan hasil kuisioner dari responden untuk kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya bagi siswa tuna wicara memperoleh nilai persentasi sangat setuju 90%, setuju 10%, bahasa isyarat mudah dipahami, menu yang terdapat pada aplikasi sudah berfungsi dan aplikasi ini bermanfaat bagi siswa SLB khususnya siswa tunawicara dan tunarungu. Tampilan dan animasi menarik terbukti dari hasil kuisioner pada masyarakat umum dengan jumlah persentase sangat setuju 60% dan setuju 40%.
References
Danandjaja, J.Folklor Indonesia : Ilmu gossip, dongeng, dan lain-lain.Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti. 1984.
Hamim, Nurlaily, Nugroho. Yokom (Yogya Komik): Inovasi Komik Interaktif Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Yogyakarta Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pena. vol(3): 195-206
Wasita: Seluk Beluk Tunarungu dan Tunawicara Serta Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Javalitera. 2013
Munir : Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta. 2013.
Kurniawan, Herlan. Cerita Rakyat Kahyangan di Kelurahan Dlepih Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiridan Fungsinya bagi Masyarakat: TinjauanResepsi Surakarta: Skripsi Universitas Surakarta.
Saputra, Haryadi, Yanuarsari. Perancangan Purwarupa Komik Interaktif Safety Riding Berkonsep Digital Storytelling. Jurnal Andharupa, Vol.02 ;2016 : 195-206.
Wijayanto. Membangun Aplikasi Pelatihan Bahasa Isyarat Berbasis Komputer Pada Orang Tunarungu. Amikom; 2009
Rizal. Perancangan Komik Digital Interaktif New Ethnicia Eksplorasi Visual Storytelling Cerita Rakyat Indonesia. Jurnal Komunikasi Visual. 2014; vol(6): 21-38.
Ismail. Aplikasi Komik Interaktif Cerita Rakyat Jambi Berbasis Android. Processor. 2017; Vol(12): 1069.
Nyorita. Motion Comic Kisah Kelahiran Sang Buddha Untuk Anak. Jurnal Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2015; vol(4): 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)