IMPLEMENTASI KOMIK INTERAKTIF CERITA RAKYAT CUPAK GRANTANG DENGAN BAHASA ISYARAT BERBASIS MOBILE

Authors

  • Putu Wirayudi Aditama STMIK STIKOM INDONESIA
  • Putu Surya Wedra Lesmana STIKOM INdonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v9i2.24189

Keywords:

Kata kunci, Cerita rakyat, komik interaktif, bahasa isyarat

Abstract

Cerita rakyat merupakan sebuah kejadian, peristiwa, atau fenomena yang terjadi pada jaman dulu, mengandung pesan moral sangat tinggi nilainya dan mencerminkan kehidupan seseorang atau sekelompok orang dalam masyarakat. Cerita rakyat diharapkan dapat meningkatkan wawasan pendidikan terutama pada peserta didik. Komik interaktif berbasis mobile merupakan sarana penting dalam melengkapi proses belajar mengajar terutama bahasa isyarat. Media komik interaktif, tentang cerita rakyat Cupak dan Grantang diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan minat baca siswa dan mempu menarik perhatian peserta didik untuk belajar, dari hasil pengujian didapatkan hasil kuisioner dari responden untuk kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya bagi siswa tuna wicara memperoleh nilai persentasi sangat setuju 90%, setuju 10%, bahasa isyarat mudah dipahami, menu yang terdapat pada aplikasi sudah berfungsi dan aplikasi ini bermanfaat bagi siswa SLB khususnya siswa tunawicara dan tunarungu. Tampilan dan animasi menarik terbukti dari hasil kuisioner pada masyarakat umum dengan jumlah persentase sangat setuju 60% dan setuju 40%.

 

 

Author Biography

Putu Wirayudi Aditama, STMIK STIKOM INDONESIA

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) pertama kali didirikan tanggal 18 April 2008 dan berada di bawah pengelolaan Yayasan Wahana Widya Wisesa Denpasar. Melalui SK MENDIKNAS RI No. 70/D/O/2008, STMIK Sekolah Tinggi Ilmu Komputer INDONESIA (STIKI) disetujui untuk menyelenggarakan dua program studi yaitu Sistem Komputer dan Teknik Informatika. Dengan dukungan oleh Wearnes Education Center siap mengantar anda memasuki dunia persaingan global dengan penerapan berbagai ilmu berbasis komputer yang mengacu pada kebutuhan dunia kerja

References

Danandjaja, J.Folklor Indonesia : Ilmu gossip, dongeng, dan lain-lain.Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti. 1984.

Hamim, Nurlaily, Nugroho. Yokom (Yogya Komik): Inovasi Komik Interaktif Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Yogyakarta Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pena. vol(3): 195-206

Wasita: Seluk Beluk Tunarungu dan Tunawicara Serta Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Javalitera. 2013

Munir : Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta. 2013.

Kurniawan, Herlan. Cerita Rakyat Kahyangan di Kelurahan Dlepih Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiridan Fungsinya bagi Masyarakat: TinjauanResepsi Surakarta: Skripsi Universitas Surakarta.

Saputra, Haryadi, Yanuarsari. Perancangan Purwarupa Komik Interaktif Safety Riding Berkonsep Digital Storytelling. Jurnal Andharupa, Vol.02 ;2016 : 195-206.

Wijayanto. Membangun Aplikasi Pelatihan Bahasa Isyarat Berbasis Komputer Pada Orang Tunarungu. Amikom; 2009

Rizal. Perancangan Komik Digital Interaktif New Ethnicia Eksplorasi Visual Storytelling Cerita Rakyat Indonesia. Jurnal Komunikasi Visual. 2014; vol(6): 21-38.

Ismail. Aplikasi Komik Interaktif Cerita Rakyat Jambi Berbasis Android. Processor. 2017; Vol(12): 1069.

Nyorita. Motion Comic Kisah Kelahiran Sang Buddha Untuk Anak. Jurnal Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2015; vol(4): 1

Downloads

Published

2020-08-09

How to Cite

Aditama, P. W., & Lesmana, P. S. W. (2020). IMPLEMENTASI KOMIK INTERAKTIF CERITA RAKYAT CUPAK GRANTANG DENGAN BAHASA ISYARAT BERBASIS MOBILE. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 9(2), 243–252. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i2.24189

Issue

Section

Articles