Pengukuran Tingkat Manajemen Mutu Berdasarkan ISO 9001:2008 pada Perusahaan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Authors

  • Ni Wayan Sri Ariyani Program Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • Made Sudarma Universitas Udayana
  • IGAM Yoga Mahaputra

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v10i1.31281

Keywords:

Audit Internal, ISO 9001, 2008, Kepuasan, Penjualan, Manajemen Mutu

Abstract

Manajemen mutu diperlukan perusahaan untuk memastikan kualitas layanan dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu standar manajemen mutu adalah ISO 9001:2008.  Audit manajemen mutu internal dengan meninjau sejauh mana klausul ISO 9001:2008 telah diterapkan pada perusahaan diperlukan untuk dapat mencegah ketidaksesuaian pada tahapan kerja dan menginisiasi perbaikannya. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan peralatan teknologi informasi dan komunikasi, PT Baliyoni Saguna. Penelitian dilakukan dengan melihat tingkat persetujuan responden terhadap pernyataan dan pertanyaan pada klausul ISO 9001:2008 yang disampaikan melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen mutu pada klausul 4 sampai dengan 8 masing-masing adalah 50,15%, 49,83%, 52,81%, 50,47%, dan 49,87%. Hasil rata-rata penerapan manajemen mutu adalah sebesar 50,62 persen. Skor tersebut menunjukkan bahwa PT. Baliyoni Saguna sudah memiliki sistem, ada bentuk, sudah diimplementasikan namun dokumentasi kurang lengkap.

References

K. Budiarta, A. P. S. Iskandar, and M. Sudarma, “Audit Information System Development using COBIT 5 Framework (case Study: STMIK STIKOM Bali) Komang,” Int. J. Eng. Emerg. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2016.

A. Goharshenasan and A. Shahin, “Prioritisation of quality management principles based on critical success factors of TQM using integrated approach of MCDM and IPA - The case of Marjan Tile Company,” Int. J. Product. Qual. Manag., vol. 21, no. 1, pp. 112–128, 2017, doi: 10.1504/IJPQM.2017.083285.

I GUSTI AGUNG AYU ISTRI LESTARI, “Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Di Perusahaan Konstruksi,” Ganec Swara, vol. 9, no. 1, pp. 121–126, 2015.

M. L. Schrum, M. Johnson, M. Ghuy, and M. C. Gombolay, “Four years in review: Statistical practices of likert scales in human-robot interaction studies,” ACM/IEEE Int. Conf. Human-Robot Interact., pp. 43–52, 2020, doi: 10.1145/3371382.3380739.

M. Kebede Adem and S. S. Virdi, “The effect of TQM practices on operational performance: an empirical analysis of ISO 9001: 2008 certified manufacturing organizations in Ethiopia,” TQM J., vol. 33, no. 2, pp. 407–440, 2020, doi: 10.1108/TQM-03-2019-0076.

A. P. Ferreira and M. Lopes, “A case of certified units in a Portuguese university: Interactions of ISO 9000 norms with HRM practices, employee performance and employee satisfaction,” Product. Organ. Manag., pp. 21–48, 2017, doi: 10.1515/9783110355796-002.

F. Ramadhany and S. Supriono, “ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 DALAM MENUNJANG PEMASARAN (Studi pada PT Tritama Bina Karya Malang),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 53, no. 1, pp. 31–38, 2017.

D. Larasati, “Implementasi Sistem Manajemen Mutu (Smm) Berbasis Iso 9001:2008 Dalam Lembaga Pendidikan (Studi Pada SMAN 5 Malang),” J. Adm. Publik Mhs. Univ. Brawijaya, vol. 1, no. 1, p. 72504, 2013.

Suyitno, “The implementation of quality management system using ISO 9001:2008 based Total Quality Management Concept,” J. Soc. Sci. J. Soc. Sci., vol. 77, no. 1110, pp. 15–27, 2018, doi: 10.25255/jss.2018.7.1.15.27.

I. Suta, I. Mahendra, and M. Sudarma, “Application of COBIT 5 for Hospital Services Management Information System Audit,” Int. J. Eng. dan Emerg. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 18–23, 2018.

B. Neyestani, “Effectiveness of Quality Management System (QMS) on Construction Projects,” SSRN Electron. J., no. 76754, 2017, doi: 10.2139/ssrn.2960422.

A. T. Prakasa, N. W. Setyanto, and L. T. W. N. Kusuma, “Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Menggunakan GAP Analisis Tools (Studi Kasus PT. Sahabat Rubber Industries, Malang),” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Ind., vol. 3, no. 1, pp. p11-21, 2015.

B. Assalam and K. Tegal, “Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Layanan Sd It Bias Assalam Kota Tegal,” J. Elem. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 7–12, 2015.

D. Astuti, “Pengaruh Implementasi Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Terhadap Peningkatan Kualitas Layanan Di Upt Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang,” J. Ilmu Perpust., vol. 4, no. 3, 2015.

P. Sampaio, P. Saraiva, and A. G. Rodrigues, “ISO 9001 certification research: Questions, answers and approaches,” Int. J. Qual. Reliab. Manag., vol. 26, no. 1, pp. 38–58, 2009, doi: 10.1108/02656710910924161.

N. Othman, S. Sanury, M. Mokhtar, M. Norhasni, and M. Asaad, “Quality Management System ISO 9001:2008 and ISO 9001:2015 Standards Within Higher Education Institutions,” J. Glob. Bus. Soc. Entrep., vol. 3, no. 6, pp. 40–46, 2017.

G. B. Subiksa, K. A. B. Permana, and M. Sudarma, “Audit E-Signature Public Service Project Using Knowledge Quality Management,” Int. J. Eng. Emerg. …, pp. 41–46, 2017.

K. Sa’diah, “the Effect of the Quality Management System Iso 9001 : 2008 and the Contribution of the Internal Audit Upon the Organizational Performance At Lp3I,” Account. J. BINANIAGA, vol. 02, no. 01, pp. 1–20, 2017.

A. Frederika, I. G. K. Sudipta, and H. S. Yoga, “EVALUASI PENERAPAN STANDARISASI MUTU (ISO) 9001:2008 PADA PT.MULTI SARANA PROPERTINDO (STUDI KASUS: PROYEK HOTEL GRAND WHIZ DI LEGIAN) Ariany,” Tjyybjb.Ac.Cn, vol. 3, no. 2252, pp. 58–66, 2019

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Ariyani, N. W. S., Sudarma, M., & Mahaputra, I. Y. (2021). Pengukuran Tingkat Manajemen Mutu Berdasarkan ISO 9001:2008 pada Perusahaan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 10(1), 46–56. https://doi.org/10.23887/janapati.v10i1.31281

Issue

Section

Articles