Evaluasi dan Hasil Review Desain User Interface Prototype Aplikasi Mobile Sitta Universitas Terbuka

Authors

  • Unggul Utan Sufandi Universitas Terbuka
  • Dwi Astuti Aprijani Universitas Terbuka
  • Paken Pandiangan Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.40281

Keywords:

Desain Antarmuka, Evaluasi Desain, Prototipe Aplikasi Mobile

Abstract

Sistem Informasi Tiras dan Transaksi Bahan Ajar (SITTA) merupakan sistem yang dimiliki Universitas Terbuka (UT) untuk mengelola layanan dan distribusi bahan ajar ke mahasiswa. Saat ini, sistem tersebut sedang dikembangkan dalam versi mobile berbasis platform Android. Aplikasi mobile SITTA dikembangkan dengan langkah awal berupa pembuatan desain prototype aplikasi. Suatu desain aplikasi perlu dilakukan evaluasi agar aspek-aspek usability dapat sesuai dengan prinsip desain User Interface dan User Experience yang baik dan benar untuk memenuhi kebutuhan user secara tepat. Penelitian ini menghasilkan hasil akhir berupa desain yang telah dievaluasi oleh pakar UI/UX Designer sebagai evaluator untuk memberikan masukkan perbaikan terhadap desain yang dirancang. Penelitian ini menggunakan pendekatan User Centered-Design dan diperoleh rancangan desain arsitektur informasi, rancangan desain user interface dalam bentuk low fidelity prototype (wireframe) dan rancangan desai user interface dalam bentuk high fidelity prototype aplikasi mobile SITTA sebagai desain rancangan yang dibuat berdasarkan evaluasi oleh pakar sesuai prinsip desain.

References

K. A. Seputra and G. Sandiasa, “Rancang Bangun Sistem Informasi Satgas Gotong Royong (Si Garong) Desa Adat Berbasis Mobile,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 3, p. 338, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i3.25210.

T. Prasetyaningtias, H. Muslimah Az-Zahra, and A. Hendra Brata, “Analisis Usability Pada Aplikasi Mobile E-Government Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Dengan Heuristic Evaluation,” Anal. Usability Pada Apl. Mob. E-Government Layanan Aspir. dan Pengaduan Online Rakyat ( LAPOR !) Dengan Heuristic Eval., vol. 2, no. 11, pp. 4647–4653, 2018.

R. Irwandana, A. D. Herlambang, M. C. Saputra, D. A. Fatah, A. P. Novitasari, and H. Tolle, “Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Ezypos,” Rekayasa, vol. 2, no. 2, pp. 130–143, 2018.

A. Dix, J. Finlay, G. D. Abowd, and R. Beale, INTERACTION. 2004.

P. Morville, Information architecture for the World Wide Web, vol. 40, no. 06. 2003.

A. I. Yunus, “Perancangan Desain User Interface Pada Aplikasi Siakad Dengan Menggunakan Metode User Centered Design.,” User Interface, vol. 1, p. 95, 2018, [Online]. Available: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3143/1/14410100068-2018-STIKOMSURABAYA.pdf.

D. N. Yastin, H. B. Suseno, and V. Arifin, “Evaluasi Dan Perbaikan Desain User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Pada Aplikasi Mobile Siaran Tangsel Menggunakan Metode Goal Direct Design (Gdd),” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 2, pp. 157–170, 2021, doi: 10.15408/jti.v13i2.18479.

T. Schlatter and D. Levinson, “Visual Usability: Principles and Practices for Designing Digital Applications,” Elsevier, 2013, [Online]. Available: https://www.elsevier.com/books/visual-usability/schlatter/978-0-12-398536-1.

M. G. Hartadi, I. W. Swandi, and I. W. Mudra, “Warna Dan Prinsip Desain User Interface (Ui) Dalam Aplikasi Seluler ‘Bukaloka,’” J. Dimens. DKV Seni Rupa dan Desain, vol. 5, no. 1, p. 105, 2020, doi: 10.25105/jdd.v5i1.6865.

U. Novena, “Tinjauan Warna Pada Visual Branding Warung Kopi Lokal,” J. Dimens. DKV, vol. Vol. 4 No., pp. 205–223, 2019.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles