Evaluasi Usability dan User Experience LMS OASE Universitas Udayana Menggunakan Metode Tuxel 2.0

Authors

  • I Putu Adi Purnawan Udayana University
  • I Ketut Gede Darma Putra Udayana University
  • Ni Kadek Dwi Rusjayanthi Udayana University

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.40670

Keywords:

Usability, User Experience, Learning Management System, TUXEL 2.0

Abstract

Usability dan User Experience adalah aspek penting untuk mengukur tingkat kemudahan pengguna dalam mengoperasikan suatu website, terutama website yang khusus digunakan untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang biasa disebut dengan Learning Management System (LMS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usability dan user experience pada website LMS OASE dan rekomendasi perbaikannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah TUXEL 2.0, dengan tiga dimansi utamanya yaitu General Usability, Pedagogical Usability, dan User Experience. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah divalidasi kemudian dibagikan kepada responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari proses evaluasi pada desain OASE lama ditemukan sepuluh permasalahan pada dimensi General Usability, delapan permasalahan pada dimensi Pedagogical Usability, dan tiga variabel User Experience dengan kategori tingkat persepsi negatif. Setelah dilakukan perbaikan desain, hasil evaluasi desain solusi OASE menjadi lebih baik, hanya ditemukan satu masalah pada dimensi General Usability, satu masalah pada dimensi Pedagogical Usability, dan semua variabel User Experience mendapat kategori tingkat persepsi positif.

Author Biographies

I Putu Adi Purnawan, Udayana University

Information Technology Department , Faculty of Engineering

I Ketut Gede Darma Putra, Udayana University

Information Technology Department , Faculty of Engineering

Ni Kadek Dwi Rusjayanthi, Udayana University

Information Technology Department , Faculty of Engineering

References

K. R. Lee, “Impacts of Information Technology on Society in the new Century,” Switzerland.

B. L. Reid and L. Reid, “Learning Management Systems: The Game Changer for Traditional Teaching and Learning at Adult and Higher Education Institutions,” Glob. J. HUMAN-SOCIAL Sci. G Linguist. Educ., vol. 19, no. 6, pp. 1–14, 2019.

U. Udayana, “About Digital Society,” 2020. [Online]. Available: http://oase.unud.ac.id/. [Accessed: 07- Jun-2020].

H. Joo, “A Study on Understanding of UI and UX , and Understanding of Design According to User Interface Change,” Int.

J. Appl. Eng. Res., vol. 12, no. 20, pp. 9931–9935, 2017.

ISO 9241-11, “International Standard Usability : Definitions and concepts,” 2018. [Online]. Available: https://www.sis.se/api/document/previe w/80003410/.

Y. Ichsani, “Evaluation of Website Usability Performance of All Universities in Indonesia with ‘A’ accreditation in 2013 and Comparison of Website Conditions in 2014 and 2017,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 93–108, 2017.

D. Winter, “Applicability of User Experience and Usability Questionnaires,” J. Univers. Comput. Sci., vol. 25, no. January, pp. 1717– 1735, 2020.

W. T. Nakamura, E. H. T. de Oliveira, and

T. Conte, “Usability and User Experience Evaluation of Learning Management Systems,” in 19th International Conference on Enterprise Information Systems (ICEIS ), 2017, vol. 3, no. Iceis, pp. 978–989.

H. B. Santoso, M. Schrepp, Y. K. Isal, and B. Priyogi, “Measuring User Experience of the Student-Centered e- Learning Environment,” J. Educ. Online- JEO, vol. 13, no. January, pp. 58–79, 2016.

Y. M. Geasela, P. Ranting, and J. F. Andry, “Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 270–277, 2018.

M. Minge, M. Thüring, I. Wagner, and C. V Kuhr, “The meCUE Questionnaire . A Modular Tool for Measuring User Experience .,” 2016, pp. 115–128.

W. T. Nakamura, “TUXEL : A Technique for User eXperience Evaluation in e- Learning,” Federal Amazonas University, 2018.

M. Siregar, R. I. Rokhmawati, and H. M. Az-zahra, “Evaluasi Usability dan Pengalaman Pengguna Website Zenius. net Menggunakan Metode TUXEL,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, pp. 5058–5067, 2019.

D. Nurhayati, H. M. Az-zahra, and A. D. Herlambang, “Evaluasi User Experience Pada Edmodo Dan Google Classroom Menggunakan Technique for User Experience Evaluation in E-Learning ( TUXEL ) ( Studi Pada SMKN 5 Malang

),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 4, pp. 3771–3780,

R. Hidayatullah and J. Ernawati, “Kualitas Visual Koridor Jalan Tunjungan Kota Surabaya,” Universitas Brawijaya, 2018.

M. O. Leavitt and B. Shneiderman, Research-Based Web Design & Usability Guidelines. Washington: HHS.gov, 2007.

S. Sikorski, D. Goodman, S. Galloway, J. Rollings, and M. Lacy, E-Learning Design and Development Guide. State of Ohio: Talent Development Community, 2017.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Purnawan, I. P. A., Darma Putra, I. K. G., & Rusjayanthi, N. K. D. (2021). Evaluasi Usability dan User Experience LMS OASE Universitas Udayana Menggunakan Metode Tuxel 2.0. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 10(3), 177–190. https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.40670

Issue

Section

Articles