Pengembangan Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa Baru dengan Metode Analisis Gugus Kendali Mutu

Authors

  • Santo Wijaya Politeknik Meta Industri Cikarang http://orcid.org/0000-0001-8653-7279
  • Marta H.R.S.R. Sari Politeknik Meta Industri Cikarang
  • Adian Wihariono Putera Politeknik Meta Industri Cikarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.41763

Keywords:

industri pendidikan, layanan mahasiswa, sistem informasi, API, QCC, PDCA

Abstract

Pendidikan sebagai industri produk dan jasa berbasis ilmu pengetahuan dan keterampilan menghadapi persaingan yang semakin kompetitif dengan banyaknya institusi baik dalam dan luar negeri yang operasional di Indonesia. Untuk meningkatkan daya saing, maka utilisasi teknologi informasi khususnya di era revolusi industri 4.0 menjadi kunci penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa Baru (SIRMB) menggunakan kerangka open-source web-based application serta integrasinya dengan teknologi Application Programming Interface (API) Bank BNI menjadikan layanan administrasi yang terotomasi. Proses identifikasi masalah sampai perancangan solusi SIRMB menggunakan analisis gugus kendali mutu (QCC) dengan pendekatan metode Plan-Do-Check-Action (PDCA) sehingga menjamin perbaikan yang berkesinambungan. Penelitian ini berkontribusi terhadap perbaikan 76.9% terhadap proses kerja dengan eliminasi proses kerja manual registrasi mahasiswa baru, sehingga memberikan peningkatan kualitas layanan dan peningkatan produktivitas secara keseluruhan.

Author Biographies

Santo Wijaya, Politeknik Meta Industri Cikarang

Program Studi Teknik Komputer

Marta H.R.S.R. Sari, Politeknik Meta Industri Cikarang

Program Studi Teknik Industri

Adian Wihariono Putera, Politeknik Meta Industri Cikarang

Departemen Marketing & Humas

References

UU No.20 Tahun 2003, “Sistem Pendidikan Nasional.” https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003 (accessed Jul. 08, 2021).

LSP3I, “Pendidikan Tinggi : Industri Produk dan Jasa Berbasis Ilmu Pengetahuan.”

https://yusrintosepu.wixsite.com/lsptigairegvsulawesi/single-post/2017/02/09/pendidikan-industri-produk-dan-jasa (accessed Jul. 08, 2021).

PDDIKTI, “Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.” https://pddikti.kemdikbud.go.id/pt (accessed Jul. 08, 2021).

M. Machfoedz, Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UUP AMP YKPN, 2005.

M. J. Widikusyanto and A. A. Hidayah, “Persaingan Industri Jasa Pendidikan Tinggi: Mengukur dan Meningkatkan Kualitas untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing,” Sains J. Manaj. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, p. 200, 2019, doi: 10.35448/jmb.v11i2.6071.

A. Noraziah, M. Syafiq Johari, T. Herawan, R. M. Sidek, H. C. Lee, and A. N. Abdalla, “Managing Registration of New Student Intake using ORNSIS-Integrated Barcode Technology,” in Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2011, vol. 28, pp. 144–150, doi: 10.1016/j.sbspro.2011.11.029.

Y. Liu, F. Gao, and Y. Liu, “Design and implementation of student registration system for universities,” in 2nd International Conference on Consumer Electronics, Communications and Networks, 2012, no. 2, pp. 1760–1763, doi: 10.1109/CECNet.2012.6202263.

M. C. Little, S. M. Wheater, D. B. Ingham, C. R. Snow, H. Whitfield, and S. K. Shrivastava, “The university student registration system: A case study in building a high-availability distributed application using general purpose components,” Lect. Notes Comput. Sci., vol. 1752, pp. 453–471, 2000, doi: 10.1007/3-540-46475-1_19.

T. Jamil and I. Mohammed, “Development of an Android-based Student Information System Application,” in Future Technologies Conference, 2017, pp. 907–910.

E. Shafie, K. Aldrawiesh, and A. Bajahzar, “Online Registration System,” in 3rd IEEE International Conference on Advanced Computer Control (ICACC 2011), 2011, pp. 174–179.

M. P. Robillard and R. Deline, “A field study of API learning obstacles,” Empir. Softw. Eng., vol. 16, no. 6, pp. 703–732, 2011, doi: 10.1007/s10664-010-9150-8.

M. Ahmad, “Strategi penerimaan peserta didik baru pada era revolusi industri 4.0 melalui pemasaran jasa pendidikan di MI Salafiyah Margomulyo Kecamatan Kerek Kabupaten …,” 2020.

S. Wijaya, G. Supriadi, F. Debora, and P. Y. D. Arliyanto, “Inhouse Quality Check System Improvement with Kanban System and Analysis Quality Control Circle,” Oper. Excell., vol. 13, no. 1, pp. 22–35, 2021, doi: 10.22441/oe.2021.v13.i1.003.

K. Khamaludin and A. P. Respati, “Implementasi Metode QCC untuk Menurunkan Jumlah Sisa Sampel Pengujian Compound,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 18, no. 2, p. 176, 2019, doi: 10.25077/josi.v18.n2.p176-185.2019.

Jonny, “Upaya Penurunan Kejadian Kehilangan Gelas Berukuran Sedang Melalui Penerapan Metode Quality Control Circle (QCC) di Unit Gizi, RS ABC, Jakarta,” Comtech, vol. 3, no. 1, pp. 533–542, 2012, doi: https://doi.org/10.21512/comtech.v3il.2452.

M. Bean, Laravel 5 Essentials. 2015.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles