Perbandingan Algoritma Genetika dengan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing untuk Optimasi Penjadwalan Kuliah

Authors

  • Luh Putu Sri Ardiyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v11i1.43172

Keywords:

Penjadwalan, Optimasi, Algoritma Genetika, Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing

Abstract

Penjadwalan mata kuliah mutlak harus ada dan sangat penting dalam suatu universitas karena sudah menjadi dasar agar agenda perkuliahan berjalan dengan lancar.Banyak kendala yang dihadapi ketika membuat penjadwalan mata kuliah seperti banyaknya jadwal mata kuliah yang harus disusun, jumlah ruangan yang terbatas, dan kesanggupan dosen untuk mengajar pada jadwal tertentu, sehingga dapat menyebabkan bentroknya jadwal mata kuliah.Dengan adanya masalah penjadwalan mata kuliah maka perlu penjadwalan secara otomatis yang menggunakan berbagai macam metode diantaranya metode algoritma genetika dan algoritma steepest ascent hill climbing. Pada penelitian ini akan dilakukan perbandingan algoritma genetika dan algoritma steepest ascent hill climbing untuk optimasi penjadwalan kuliah karena kedua algoritma ini fleksibel dan sanggat cocok digunakan untuk memecahkan masalah yang memiliki banyak solusi untuk dapat dipilih solusi yang paling baik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui algoritma mana yang mempunyai kinerja komputasi (kecepatan waktu eksekusi) dan hasil yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah penjadwalan mata kuliah. Data yang digunakan diambil dari Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Ganesha pada semester gasal tahun akademik 2020/2021 karena program studiini memiliki jumlah mahasiswa yang banyak, jumlah ruangan yang terbatas serta pembuatan jadwal perkuliahan masih mengunakan cara manual dengan menggunakan micrososft excel.

References

T. Andriani, “SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI,” S o s i a l B u d a y a M e d i a K o m u n i k a s i I l m u - I l m u S o s i a l d a n B u d a y a, vol. 12, no. 1, pp. 127–150, 2015, doi: https://media.neliti.com/media/publications/164486-ID-sistem-pembelajaran-berbasis-teknologi-i.pdf.

S. Hidayat, “Sistem Pembelajaran Di Perguruan Tinggi,” Alqalam, vol. 19, no. 93, p. 109, 2002, doi: 10.32678/alqalam.v19i93.457.

D. Ana, R. Wati, and Y. A. Rochman, “Model Penjadwalan Matakuliah Secara Otomatis Berbasis Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO),” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 2, no. 1, pp. 22–31, 2013, doi: 10.26593/jrsi.v2i1.333.22-31.

W. A. Puspaningrum, A. Djunaidy, and R. A. Vinarti, “Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika di Jurusan Sistem Informasi ITS,” vol. 2, no. 1, pp. 127–131, 2013.

A. Laksono, M. Utami, and Y. Sugiarti, “Sistem Penjadwalan Kuliah Menggunakan Metode Algoritma Genetika (Studi Kasus: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta),” Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 9, no. 2, pp. 177–188, 2018.

T. E. Panggabean and Y. Natalia, “Optimasi Penjadwalan Mata Pelajaran Menggunakan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing (Studi Kasus: Sma Methodist Binjai),” Jurnal.Stmikmethodistbinjai.Ac.Id, 2018.

F. N. Afandi and M. Yulianis, “Implementasi Genetic Algoritms Untuk Penjadwalan Mata Kuliah Berbasis Website,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 9, no. 1, 2018, doi: 10.36448/jsit.v9i1.1031.

L. Tambunan, “Implementasi Algoritma Genetika dalam Pembuatan Jadwal Kuliah,” Jar. Sist. Inf. Robot., vol. 1, no. 01, pp. 1–7, 2017.

S. Saifullah and A. Hermawan, “Pengembangan Sistem Penjadwalan Kuliah Menggunakan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing,” J. Sist. Komput., vol. 6, no. 2, pp. 57–62, 2016.

E. Darnila, Risawandi, and Nursanti, “APLIKASI PENCARIAN RUTE TERDEKAT LOKASI KLINIK KESEHATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA STEEPEST ASCENT HILL CLIMBING,” TECHSI, vol. 11, no. 2, pp. 268–279, 2019, doi: https://doi.org/10.29103/techsi.v11i2.1482.

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Ardiyani, L. P. S. (2022). Perbandingan Algoritma Genetika dengan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing untuk Optimasi Penjadwalan Kuliah. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 11(1), 63–73. https://doi.org/10.23887/janapati.v11i1.43172

Issue

Section

Articles