Rancang Bangun Sistem Simulasi Asesmen Internal Berbasis Web Menggunakan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0)

Authors

  • Yogi Duwi Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Aris Gunadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Candiasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v11i2.46545

Keywords:

simulasi, web, akreditasi, extreme programming, black-box testing

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah sistem simulasi berbasis web untuk melakukan asesmen internal pada program studi di Universitas Warmadewa yang akan mengajukan akreditasi menggunakan Instrumen Akreditasi Program Studi versi 4.0 (IAPS 4.0). Simulasi dilakukan sebelum program studi mengunggah isian instrumen akreditasi yang berupa Laporan Evaluasi Diri (LED), Laporan Kinerja Program Studi (LKPS), dan dokumen-dokumen terkait akreditasi lainnya ke SAPTO BAN-PT. Hasil dari simulasi yang dilakukan berupa skor dan peringkat akreditasi serta rekomendasi untuk penyempurnaan isian instrumen akreditasi. Penelitian ini menggunakan metode extreme programming untuk merancang dan membangun sistem simulasi serta menggunakan metode black-box testing dan instrumen respon pengguna untuk melakukan pengujian efektivitas sistem. Hasil implementasi menggunakan metode extreme programming telah dilakukan dengan menghasilkan rancangan sistem, desain sistem, tampilan sistem, serta pengujian sistem. Dari hasil penelitian yang dilakukan, sistem simulasi asesmen internal mampu membantu program studi yang akan mengajukan akreditasi untuk mempersiapkan LED, LKPS, maupun dokumen terkait akreditasi sebelum mengunggahnya melalui SAPTO BAN-PT serta mengetahui perkiraan skor yang akan didapat melalui asesmen internal. Sistem simulasi juga dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dilihat dari hasil hasil uji yang dilakukan terhadap sistem dan 3 user yang terlibat yaitu admin, program studi, dan asesor internal.

References

Farida, Lilis Dwi. 2016. “Pengukuran User Experience Dengan Pendekatan Usability (Studi Kasus: Website Pariwisata Di Asia Tenggara).” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia Vol. 4. No. 1.

Indra Yatini. 2014. “Aplikasi Pengolahan Citra Berbasis Web Menggunakan Javascript Dan JQuery.” Jurnal Teknik STMIK AKAKOM.

Muhammad Fakhri. 2018. “Implementasi Sistem Informasi Showroom Mobil (SISMOB) Dengan Pemrograman Berbasis Objek (Studi Kasus : UD. Tomaru Oto).” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya Vol. 2 No. 9.

Nurhayatun, Fitriana. 2019. “Sistem Informasi Akreditasi Perguruan Tinggi (SIAP) Untuk Pengisian Borang Standar 3 BAN-PT.” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 2 No. 7.

Pertiwi, Kharisma Dharma. 2016. “Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik Universitas Ma Chung Malang.” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer Vol. 7 No. 2.

Prayoga Bhiantara. 2020. “Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Terintegrasi E-Ticket Mobile Dengan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Dinas Pariwisata Karangasem).” Universitas Pendidikan Ganesha.

Prihati, Yani. 2012. “Simulasi Dan Permodelan Sistem Antrian Pelanggan Di Loket Pembayaran Rekening XYZ Semarang.” Majalah Ilmiah INFORMATIKA Vol. 3 No. 3.

Putut P. Widagdo. 2019. “Sistem Informasi Akreditasi Program Studi Di Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknolgi Informasi Universitas Mulawarman.” Query: Jurnal Sistem Informasi Vol. 3 No. 1.

Sridadi, Bambang. 2009. Pemodelan Dan Simulasi Sistem. Jakarta: Informatika.

Sulfikar Sallu. 2018. “Konsep Sistem Informasi Akreditasi Perguruan Tinggi Berbasis Cloudcomputing.” MIND Journal STIKOM Muhammadiyah Batam Vol. 1 No. 1.

Titien S Sukamto. 2016. “Desain Sistem Informasi Akreditasi Program Studi Berbasis Website Di Indonesia.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) Universitas Gadjah Mada.

Yusi Ardi Binarso. 2012. “Pembangunan Sistem Informasi Alumni Berbasis Web Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Diponegoro.” Journal of Informatics and Technology (JOINT) Vol. 1 No. 1.

Downloads

Published

2022-08-07

How to Cite

Duwi Antara, Y., Gunadi, G. A., & Candiasa, I. M. (2022). Rancang Bangun Sistem Simulasi Asesmen Internal Berbasis Web Menggunakan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 11(2), 123–132. https://doi.org/10.23887/janapati.v11i2.46545

Issue

Section

Articles