Analisis Perancangan E-Business B2C (Business to Consumer) Upaya Digitalisasi Pengembangan UMKM (Studi Kasus : Kabupaten Pesawaran, Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v11i3.49787Keywords:
UMKM, LANDING PAGE, B2C, CMSAbstract
Survey yang dilakukan oleh badan pusat statistik pada 10-26 Juli 2021 menyajikan data penurunan pendapatan yang dialami 80% pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Secara tidak langsung penurunan pendapatan ini juga terjadi di UMKM Kabupaten Pesawaran Selain permasalahan penurunan pendapatan di masa pandemi, Permasalahan yang terjadi pada Mayoritas pelaku UMKM di kabupaten Pesawaran adalah rendahnya tingkat pemanfaatan teknologi informasi dalam menunjang proses bisnis UMKM, sehingga mayoritas pelaku UMKM di kabupaten Pesawaran melakukan pemasaran produknya secara konvensional, hal ini menjadi salah satu factor yang dapat mengakibatkan UMKM di Kabupaten Pesawaran sulit untuk bangkit di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun Landing Page berbasis Content Management System yang sesuai dengan UMKM, dikarenakan belum adanya Landing Page berbasis Content Management System yang di desain secara spesifik untuk UMKM khususnya di Kabupaten Pesawaran yang sampai saat ini penulis belum menemukannya, penambahan fitur cashless pada CMS ini akan memberikan kemudahan dalam transaksi non tunai. Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development) dengan Tahapan dalam penelitian ADDIE sebagai berikut (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan, (4) Implementasi (5) Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan aplikasi yang diberi nama UMKM jejama yang dalam bahasa lampung memiliki makna bersama, dan berfungsi sebagai media penjualan UMKM ke pelanggan/pembeli. Hasil pengujian menunjukan fungsi dari menu yang terdapat di aplikasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi kebutuhan UMKM.
References
A. W. Bartik, M. Bertrand, Z. Cullen, E. L. Glaeser, M. Luca, and C. Stanton, “The impact of COVID-19 on small business outcomes and expectations,” Proc. Natl. Acad. Sci. U. S. A., vol. 117, no. 30, pp. 17656–17666, Jul. 2020, doi: 10.1073/PNAS.2006991117/-/DCSUPPLEMENTAL.
L. A. Safitri and C. B. Dewa, “ANALISA KEBIJAKAN PEMBERLAKUAN PPKM PADA MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP INDUSTRI SKALA KECIL DAN MENENGAH MAKANAN DAN MINUMAN,” J. Manaj. Dayasaing, vol. 23, no. 2, pp. 97–107, Jan. 2022, doi: 10.23917/DAYASAING.V23I2.16180.
O. I. Khair, C. Widiatmoko, and R. P. Simarmata, “Analisis UU Cipta Kerja dan Kemudahan Berusaha Bagi UMKM,” Syntax Lit. ; J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 2, pp. 897–912, Feb. 2022, doi: 10.36418/SYNTAX-LITERATE.V7I2.6206.
A. Firdhaus and F. S. Akbar, “PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM DI KECAMATAN GUBENG SURABAYA,” J. Proaksi, vol. 9, no. 2, pp. 173–187, May 2022, doi: 10.32534/JPK.V9I2.2632.
J. Galih, P. Negara, and P. Nastiti, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital Sebagai Media Optimasi Marketing UMKM Paring Spirulina,” Komatika J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 07-11, Jun. 2022, doi: 10.34148/KOMATIKA.V2I1.464.
P. Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Desa Cibinong Studi Kasus, C. Kreasi Mandiri, Y. Mey Tingly, N. Kusumastuti Arief, Y. Erna Susanti, and S. Sulatri, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Desa Cibinong Studi Kasus: CV. Kreasi Mandiri,” J. Perad. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 45–51, Jun. 2022, doi: 10.55182/JPM.V2I2.157.
J. I. Penelitian, “ANALISIS STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI KRISIS DI ERA PANDEMI COVID-19,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 8, pp. 1543–1552, 2021, doi: 10.47492/JIP.V1I8.280.
M. E. Atmojo and M. P. Kusumo, “Pemberdayaan UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 378–385, Apr. 2022, doi: 10.31849/DINAMISIA.V6I2.8214.
M. A. Bustomi and J. D. Pribadi, “PEMBUATAN MEDIA PROMOSI MELALUI WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS UNTUK M E N I NGK ATKAN M I N A T B E LI K O N S UM EN U M K M DELPIKOMPUTER PANDAAN,” J. Apl. Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 265–268, Jul. 2021, Accessed: Feb. 13, 2022. [Online]. Available: http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/541
A. Febrian, L. F. Lina, V. A. D. Safitri, and A. Mulyanto, “Pemasaran digital dengan memanfaatkan landing page pada perusahaan start-up,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 313–320, Jul. 2021, doi: 10.33474/JIPEMAS.V4I3.10103.
K. Ayu, “Pengembangan E- Commerce Media Promosi Menggunakan Content Management System (CMS) Menggunakan Wordpress Studi Kasus Umkm Think Top Drink,” Jan. 2021.
T. I. J. Kusumawati and T. E. E. Tju, “Pendampingan Umkm Saat Pandemi Covid-19 Dengan Teknologi Informasi Berbasis Cms Wordpress Pada Alphonse Shoe Di Jakarta Selatan,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 3, p. 892, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v4i3.5403.
“Analysis, design, and implementation of full-text search in CMS WordPress”.
X. M. Loh, V. H. Lee, G. W. H. Tan, J. J. Hew, and K. B. Ooi, “Towards a Cashless Society: The Imminent Role of Wearable Technology,” https://doi.org/10.1080/08874417.2019.1688733, vol. 62, no. 1, pp. 39–49, 2019, doi: 10.1080/08874417.2019.1688733.
Y. M. Juanda, Y. Hendriyani, J. Hamka, K. Unp, and A. T. Padang, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual dengan Metode ADDIE,” J. Vokasi Inform., pp. 121–130, Mar. 2022, doi: 10.24036/JAVIT.V2I1.81.
T. Agustiyani, T. Hartati, and D. Amalia, “Sistem Pembelajaran E-learning Menggunakan Metode ADDIE di SDIT Kabupaten Cirebon,” Eduprof Islam. Educ. J., vol. 4, no. 1, pp. 100–108, Mar. 2022, doi: 10.47453/EDUPROF.V4I1.117.
A. Turserno and R. I. Rosihan, “Analisis Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi Manajemen Gudang dengan Metode Pieces (Studi Kasus CV Karya Bangsa),” J. Ind. Manuf., vol. 7, no. 1, pp. 01-10, Feb. 2022, doi: 10.31000/JIM.V7I1.5966.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Iis Ariska Nurhasanah, Muhamad Brilliant, Kustia Reni, Agus Mulyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)