Intisari Kerangka Sistem Berbasis Aturan Menggunakan Certainty Factor Dengan Runut Maju Dan Runut Mundur

Authors

  • Putu Hendra Suputra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v1i1.9753

Abstract

Salah satu cara dalam membangun suatu sistem pakar adalah dengan menggunakankerangka (shell) yang membantu membangun knowledge base dan aplikasinya. Kerangkasistem pakar membantu pengembang sistem pakar sebagai fasilitas antarmuka pengguna dalam mengelola input dan output dari data. Kerangka sistem pakar juga mampu memanipulasi informasi dan basis pengetahuan yang dimiliki, untuk menghasilkan sebuah konklusi. Di samping fasilitas konstruksi pengetahuan yang mudah dan memadai, pengembangan sistem pakar dengan menggunakan kerangka (shell) sistem pakar juga perlu memperhatikan fasilitas penjelasan yang ramah penguna dan mampu menjelaskan bagaimana suatu kesimpulan diperoleh.

MyExSys adalah sebuah kerangka sistem berbasis aturan yang dikembangkan untuk membangun sebuah sistem pakar berbasis aturan (pengetahuan) yang memberi keleluasaan kepada pengguna untuk mengelola pengetahuan. Proses penalaran yang didukung adalah runut maju dan runut mundur serta jejaring kemungkinan Fasilitas penjelasan yang disediakan meliputi rangkuman proses penalaran yang berbasis teks, serta jejaring inferensi dalam bentuk grafik AND-OR Tree. MyExSys menggunakan certainty factor secara naif dalam merepresentasikan penaran atas ketidakpastian.

Published

2012-03-08

How to Cite

Suputra, P. H. (2012). Intisari Kerangka Sistem Berbasis Aturan Menggunakan Certainty Factor Dengan Runut Maju Dan Runut Mundur. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 1(1), 10–23. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i1.9753

Issue

Section

Articles