Penerapan Logika Fuzzy Dan Jaringan Syaraf Tiruan Pada Sistem Penilaian Berbasis Komputer

Authors

  • I Gede Santi Astawa Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v1i1.9778

Abstract

    Pemanfaatan teknologi informasi di dalam dunia pendidikan dewasa ini berkembang sangat pesat. Fasilitas pembelajaran jarak jauh melalui media internet memungkinkan siswa melakukan pembelajaran mandiri sehingga dapat memperlancar proses belajar mengajar. Selain itu diupayakan pengembangan sistem yang bersifat adaptif sehingga diharapkan mampu mengarahkan proses belajar siswa. Untuk memenuhi harapan ini maka sistem harus dapat memerankan peranan selayaknya seorang pengajar, termasuk di dalamnya melakukan penilaian hasil belajar siswa. Penilaian ini harus dilakukan dengan memperhatikan aturan-aturan penilaian dari seorang pengajar yang berkompeten dibidangnya. Namun karena tidak ada aturan yang jelas dan berlaku umum bagi seorang pengajar dalam melakukan penilaian, maka proses penilaian haruslah dirancang mampu secara adaptif menyesuaikan perhitungannya dengan aturan-aturan penilaian dari pengajar yang menggunakan sistem.

    Pada penelitian ini, digunakan pendekatan metode logika fuzzy dan metode jaringan syaraf tiruan dalam melakukan perhitungan penilaian hasil belajar. Dengan menggunakan variabelvariabel penilaian yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif sebagai variabel masukan sistem yang disertai aturan-aturan penilaian seorang pengajar sebagai acuan perhitungan, diharapkan dapat menghasilkan hasil penilaian belajar siswa yang mendekati penilaian sebenarnya dari pengajar tersebut.

Downloads

Published

2012-03-08

How to Cite

Astawa, I. G. S. (2012). Penerapan Logika Fuzzy Dan Jaringan Syaraf Tiruan Pada Sistem Penilaian Berbasis Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i1.9778

Issue

Section

Articles