Hubungan Antara Daya Analitis Dan Daya Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Sub Keilmuan Informatika Pada Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v1i2.9799Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara daya analitis terhadap hasil belajar sub keilmuan informatika pada Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha, (2) mengetahui hubungan antara daya kreativitas terhadap hasil belajar sub keilmuan informatika pada Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksa Singaraja, dan (3) mengetahui hubungan antara daya analitis dan daya kreativitas secara bersama-sama terhadap hasil belajar sub keilmuan informatika pada Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksa Singaraja.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang sifatnya expose-facto, dimana variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas dan empat variabel terikat. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa reguler Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha Singaraja sebanyak 249 orang. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa reguler dari angkatan 2007/2008 s.d 2010/2011 sebanyak 249 orang, sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Data untuk daya analitis dan daya kreativitas dikumpulkan melalui angket daya analitis dan angket daya kreativitas. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukan: 1) daya analitis memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar sub keilmuan informatika, baik itu sub keilmuan programming, jaringan, basis data, dan multiemedia dengan sumbangan sebesar 43% untuk programming, 41,61% untuk jaringan, 44,06% untuk basis data, dan 36,56% untuk multimedia, 2) daya kreativitas memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar sub keilmuan informatika, baik itu sub keilmuan programming, jaringan, basis data, dan multimedia dengan sumbangan sebesar 31,47% untuk programming, 30,27% untuk jaringan, 40,71% untuk basis data, dan 62,78% untuk multimedia, 3) daya analitis dan daya kreativitas secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar sub keilmuan informatika, baik itu sub keilmuan programming, jaringan, basis data, dan multimedia dengan sumbangan sebesar 92,30% untuk programming, 80,05% untuk jaringan, 81,29% untuk basis data, dan 90,62% untuk multimedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)