JA-KO Balinese Pizza: Game Edukasi Interaktif Jaringan Komputer

Authors

  • Putu Trisna Hady Permana S Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v3i2.9808

Abstract

Pembelajaran yang sering dilakukan saat ini masih terbilang sederhana, dan sangat jarang menggunakan sarana pembelajaran berbasis teknologi, sehingga  para peserta didik tidak tertarik untuk belajar dan membuat pemahaman mereka pada materi pelajaran tersebut menjadi  kurang. Jaringan komputer merupakan salah satu materi pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang biasanya masih sulit untuk dipahami apabila hanya menggunakan pembelajaran sederhana. Game edukasi adalah salah satu sarana pembelajaran yang dapat membuat para peserta didik tertarik untuk belajar dan membantu mereka dalam memahami materi pelajaran khususnya materi pelajaran jaringan komputer karena selain belajar mereka juga akan diajak bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development), bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi dengan model instructional games pada materi jaringan komputer. Game edukasi ini memuat materi jaringan komputer, dimana pengguna game ini akan diajak menyelesaikan misi sebagai pegawai pizza seperti membuat pizza dan mengirim pizza. Hasil penelitian ini berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah, khususnya pada materi jaringan komputer.

Downloads

Published

2014-07-10

How to Cite

Permana S, P. T. H., Darmawiguna, I. G. M., & Kesiman, M. W. A. (2014). JA-KO Balinese Pizza: Game Edukasi Interaktif Jaringan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 3(2), 80–87. https://doi.org/10.23887/janapati.v3i2.9808

Issue

Section

Articles