Pengembangan “Digital Interactive Storyteller” Berbasis Android Untuk Tunanetra

Authors

  • Anak Agung Istri Ita Paramitha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Resika Arthana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v3i3.9824

Abstract

Storytelling merupakan suatu kesenian yang dilakukan secara lisan dengan alat atau tanpa alat untuk menyampaikan sesuatu yang dapat berupa pesan, informasi ataupun cerita yang menghibur. Storytelling memiliki banyak manfaat dalam perkembangan anak, salah satunya adalah mengembangkan imajinasi anak. “Digital Interactive Storyteller” merupakan  aplikasi storytelling dengan menggunakan perangkat Android yang ditujukan untuk pengguna tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan rancangan aplikasi “Digital Interactive Storyteller” Berbasis Android untuk Tunanetra. Pengembangan aplikasi “Digital Interactive Storyteller” Berbasis Android untuk Tunanetra menggunakan siklus hidup pengembangan perangkat lunak SDLC (Software Development Life Cycle) dengan model waterfall atau model air terjun. Fitur utama dalam aplikasi ini adalah audio dongeng interaktif dengan menggunakan perangkat Android. Interaktif yang dimaksudkan adalah pengguna dapat memilih alur dongeng sendiri. Hasil dari penelitian ini yaitu perancangan dan implementasi dari aplikasi “Digital Interactive Storyteller” Berbasis Android untuk Tunanetra yang telah berhasil dilakukan. Perancangan dilakukan dengan menggunakan model fungsional berupa UML (Unified Modeling Language). Diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java dengan menggunakan editor  Eclipse dan plug-ins ADT (Android Development Tools). Seluruh kebutuhan
fungsional telah berhasil diimplementasikan sesuai dengan rancangan.

Downloads

Published

2014-12-08

How to Cite

Paramitha, A. A. I. I., Kesiman, M. W. A., & Arthana, I. K. R. (2014). Pengembangan “Digital Interactive Storyteller” Berbasis Android Untuk Tunanetra. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 3(3), 142–149. https://doi.org/10.23887/janapati.v3i3.9824

Issue

Section

Articles