Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Seleksi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus di SMK TI Bali Global Denpasar)

Authors

  • Ni Made Rai Maryati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v1i2.9826

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu merancang dan mengimplementasikan sebuah perangkat lunak Sistem Pendukung Keputusan (SPK) seleksi penerimaan siswa baru berbasis web yang mengambil studi kasus di SMK TI Bali Global Denpasar. Perangkat lunak ini diharapkan dapat membantu panitia penerimaan siswa baru sehingga proses seleksi siswa dapat dilakukan dengan lebih cepat, lebih mudah dan data yang dihasilkan sistem lebih akurat.

Perangkat lunak ini hanya menangani proses penyeleksian siswa melalui jalur  Nilai Ujian Nasional (NUN). Proses penyeleksian ini terdiri dari dua proses utama yaitu prosespenentuanbobotmatapelajaranujiannasionaldanprosesperhitungannilaitotal calon siswa. Bobot nilai ujian  nasional  untuk masing-masing program keahlian didapatkan dengan cara mengaitkan pekerjaan dengan keterampilan dan mata pelajaran ujian nasional. Nilai total calon siswa dihitung menggunakan metode Bayes. Nilai total ini dijadikan acuan untuk memutuskan apakan seorang calon siswa diterima atau tidak diterima. Dalam perancangan sistem digunakan DFD (Dataflow Diagram).

Bobot mata pelajaran ujian nasional pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah : Matematika=0.5, Bahasa Indonesia=0.2 dan Bahasa Inggris=0.3. Bobot mata pelajaran ujian nasional  pada program keahlian Multimedia adalah   : Matematika=0.4, Bahasa Indonesia=0.2 dan Bahasa Inggris=0.4. Bobot mata pelajaran ujian nasional   pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah  : Matematika=0.5, Bahasa Indonesia=0.25 dan Bahasa Inggris=0.25. Dalam implemetasi sistem, selain menangani proses perhitungan bobot dan  nilai  total,  sistem  juga menangani proses pembagian kelas, proses backup dan   restore.

 

 

Tujuan   yang   ingin   dicapai   dalam   penelitian   ini   yaitu   merancang        dan

mengimplementasikan  sebuah  perangkat  lunak  Sistem  Pendukung  Keputusan     (SPK)

seleksi penerimaan siswa baru berbasis web yang mengambil studi kasus di SMK TI

Bali   Global   Denpasar.   Perangkat   lunak   ini   diharapkan   dapat   membantu   panitia


penerimaan  siswa


baru  sehingga  proses


seleksi  siswa  dapat  dilakukan  dengan   lebih


cepat, lebih mudah dan data yang dihasilkan sistem lebih   akurat.

Perangkat lunak ini hanya menangani proses penyeleksian siswa melalui jalur  Nilai Ujian Nasional (NUN). Proses penyeleksian ini terdiri dari dua proses utama yaitu prosespenentuanbobotmatapelajaranujiannasionaldanprosesperhitungannilaitotal


calon


siswa.     Bobot  nilai


ujian   nasional  untuk


masing-masing   program   keahlian


didap       tkan dengan cara mengaitkan pekerjaan dengan keterampilan dan mata pelajaran

ujian nasional. Nilai total calon siswa dihitung menggunakan  metode Bayes. Nilai total  ini dijadikan acuan untuk memutuskan apakan seorang calon siswa diterima atau tidak diterima. Dalam perancangan sistem digunakan DFD (Dataflow   Diagram).

Bobot mata pelajaran ujian nasional pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah : Matematika=0.5, Bahasa Indonesia=0.2 dan Bahasa Inggris=0.3. Bobot


mata


pelajaran


ujian    nasional   pada


program    keahlian   Multimedia


adalah   :


Matematika=0.4, Bahasa Indonesia=0.2 dan Bahasa Inggris=0.4. Bobot mata pelajaran


ujian


nasional   pada   program  keahlian


Teknik   Komputer   dan  Jaringan


adalah  :


Matematika=0.5, Bahasa Indonesia=0.25 dan Bahasa Inggris=0.25. Dalam implemetasi sistem, selain menangani proses perhitungan bobot dan  nilai  total,  sistem  juga menangani proses pembagian kelas, proses backup dan   restore.

Downloads

Published

2012-07-08

How to Cite

Maryati, N. M. R., Kesiman, M. W. A., & Agustini, K. (2012). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Seleksi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus di SMK TI Bali Global Denpasar). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 1(2), 118–129. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i2.9826

Issue

Section

Articles