Pengembangan Prototype Aplikasi Rabies Alert System (RAS) Berbasis Short Message Service (SMS)

Authors

  • Gde Angga Putra Sutanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Agus Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v1i2.9828

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu merancang dan mengimplementasikan sebuah perangkat lunak Aplikasi Rabies Alert System (RAS) Berbasis Short Message Service (SMS). Penelitian ini diharapkan mampu membantu masyarakat dalam pelaporan kasus rabies secara praktis, cepat terkait. dan mudah kepada dinas Penelitian ini adalah penelitian pengembangan rekayasa perangkat lunak yang diciptakan untuk dapat membangun sebuah aplikasi rabies control berbasis SMS di mana nantinya aplikasi ini dapat mengelola dan menampung seluruh laporan masyarakat tentang kasus rabies yang dikirim melalui SMS. SMS laporan kasus yang dikirim dari masyarakat akan langsung diteruskan kepada birokrasi penanganan sebuah kasus rabies seperti, bupati, camat, kepala desa, dan petugas dinas terkait dalam hal ini seluruh jajaran dinas peternakan sehingga laporan dari masyarakat dapat tertangani dengan cepat. Pengembangan media Aplikasi Rabies Alert System (RAS) Berbasis Short Message Service (SMS) ini menggunakan model Waterfall, dan dirancang dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD).

Pengembangan media Aplikasi Rabies Alert System (RAS) Berbasis Short Message Service (SMS) ini diimplementasikan menggunakan software Adobe Dreamweaver CS 3 dan Mysql serta Gammu sebagai aplikasi SMS Gateway. Penelitian ini mengasilkaninformasi laporan kasus rabies dari masyarakat yang dikirimkan melalui SMS.

 

Downloads

Published

2012-07-08

How to Cite

Sutanjaya, G. A. P., Kesiman, M. W. A., & Wirawan, I. M. A. (2012). Pengembangan Prototype Aplikasi Rabies Alert System (RAS) Berbasis Short Message Service (SMS). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 1(2), 142–154. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i2.9828

Issue

Section

Articles