Pengembangan Program Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Akrual Sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP)

Authors

  • Yudhi Kurniawan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ma Chung
  • - Yuswanto Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v5i1.9916

Abstract

Penelitian ini mengkaji cara praktis mendesain pelaporan Akuntansi Keuangan Daerah yang berbasis Akrual yang sesuai dengan standar Akuntansi Pemerintahan. Tujuan penelitian tersebut adalah membuat perangkat lunak Sistem Informasi Akuntansi dengan menggunakan metode pelaporan akuntansi yang berbasis Akrual yang disesuaikan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. Harapan yang ingin dicapai adalah perangkat lunak yang digunakan di Sektor Pemerintahan dapat mendukung kinerja dan hasil pelaporan keuangan yang relevan.

Data yang digunakan berasal dari kajian tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan pelaporan Keuangan Daerah berbasis Akrual yang dibuat dalam bentuk dokumen analisa dan kebutuhan sistem. Hasil capaian di tahun pertama telah selesai dikerjakan yaitu terselesaikannya dokumentasi analisa kebutuhan perangkat lunak dan spesifikasi desain proses sertadata dan antarmuka program.

Diharapkan dengan penelitian ini dapat mengimplementasikan sistem, modularitas program dari dokumentasi analisa kebutuhan dan desain perangkat lunak serta instalasi program pada Sistem Informasi Akuntansi berbasis Akrual. Pada akhir penelitian diharapkan dapat diperoleh suatu perangkat lunak dalam bentuk Sistem Informasi Keuangan Daerah yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan serta berbasis akrual. Kedepannya bentuk perangkat lunak tersebut dapat menjadi pionir bagi pelaporan keuangan sesuai yang dibutuhkan. 

Downloads

Published

2016-03-13

How to Cite

Kurniawan, Y., & Yuswanto, .-. (2016). Pengembangan Program Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Akrual Sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i1.9916

Issue

Section

Articles