Realtime Monitoring Suhu Klem Jumper Pada Sistem Transmisi Tegangan Tinggi

Authors

  • Anak Agung Gde Ekayana STMIK STIKOM Indonesia
  • I Wayan Teguh Wirapratama STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9925

Abstract

emantauan suhu klem jumper pada peralatan gardu induk maupun jumperan pada tower transmisi belum dilaksanakan secara optimal. Keterbatasan jam kerja karyawan membuat operator gardu tidak bisa memonitor kondisi suhu konektor selama 24 jam nonstop. Sering kali kenaikan suhu pada konektor terjadi diluar jam kerja yaitu terjadi saat beban puncak, malam hari atau hari libur.

Sistem monitoring suhu klem ini merupakan alat yang berfungsi untuk memonitor kondisi suhu konektor secara realtime 24 jam nonstop pada peralatan gardu induk maupun jumperan pada tower transmisi. Alat ini dikembangkan berbasiskan mikrokontroler Arduino Uno. Sensor suhu menggunakan sensor DS 18S20 untuk memantau data suhu maupun proses pengiriman data. Alat ini menggunakan modul GSM SIM900 mampu mengirimkan data suhu konektor berbasis sms gateway dan mengirimkan data ke database.

Hasil pengujian alat ini mampu memberikan data suhu, yang dibaca oleh sensor DS 18S20 dan mengirimkan data suhu dengan Modem GSM ke database berselang 5 Menit. 

Downloads

Published

2017-03-14

How to Cite

Ekayana, A. A. G., & Wirapratama, I. W. T. (2017). Realtime Monitoring Suhu Klem Jumper Pada Sistem Transmisi Tegangan Tinggi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9925

Issue

Section

Articles