Pengembangan Aplikasi Kinect Digital Display Pakaian Adat Indonesia

Authors

  • I Gede Mahendra Darmawiguna Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Ratna Puspitarini Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9928

Abstract

Pakaian adat tradisional merupakan simbol dari suatu daerah. Pakaian adat sangat identik dalam suatu prosesi upacara adat di Indonesia. Pakaian adat biasanya dipakai untuk memperingati hari besar seperti kelahiran, pernikahan, kematian, serta hari-hari besar keagamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Membuat rancang bangun pengembangan Aplikasi Kinect Digital Display Pakaian Adat Indonesia, 2). Mengimplementasikan rancangan Aplikasi Kinect Digital Display Pakaian Adat Indonesia, 3). Mengetahui respon pengguna terhadap Aplikasi Kinect Digital Display Pakaian Adat Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Aplikasi Kinect Digital Display Pakaian Adat Indonesia ini dikembangkan dengan model waterfall. Aplikasi ini diimplementasikan dengan bahasa pemrograman C# dengan menggunakan editor UNITY 3D dan Kinect sebagai sensor gerak.

Hasil akhir dari project ini berupa aplikasi desktop yang memberikan informasi dan pengetahuan mengenai pakaian adat tradisional Indonesia. Aplikasi ini dapat menampilkan objek 3D yang mampu mengikuti gerakan pengguna dan informasi dari pakaian adat ke-34 provinsi di Indonesia. Hasil pengujian aplikasi memperlihatkan bahwa aplikasi mampu digunakan dengan lancar pada kondisi tertentu dan respon dari penguna aplikasi dikategorikan sangat positif dengan rata- rata persentase 93,8%. Aplikasi Kinect Digital Display Pakaian Adat Indonesia ini dapat dijadikan sebagai media informasi, hiburan, maupun pelajaran tentang Keragaman Pakaian Adat Tradisional Indonesia. 

Downloads

Published

2017-03-14

How to Cite

Darmawiguna, I. G. M., Sunarya, I. M. G., & Puspitarini, N. P. R. (2017). Pengembangan Aplikasi Kinect Digital Display Pakaian Adat Indonesia. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9928

Issue

Section

Articles