PERUBAHAN PARADIGMA PENILAIAN HASIL BELAJAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN SAINS
Abstrak
Penilaian hasil belajar merupakan salah satu simpul vital pendidikan dan pembelajaran yang berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran sains. Mutu penilaian hasil belajar sains yang rendah disebabkan oleh mutu pembelajaran sains yang rendah. Peningkatan mutu pembelajaran sains dapat dilakukan dengan mengubah paradigma penilaian hasil belajar. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perubahan paradigma penilaian hasil belajar sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran sains. Metode yang digunakan untuk membedah persoalan tersebut adalah metode refleksi pengalaman empiris pelaksanaan penilaian dalam pembelajaran sains saat ini dan interpretasi teoretis hakikat sains dan pembelajarannya. Hasil kajian ini merekomendasikan perubahan paradigma penilaian hasil belajar sains yang terdiri atas: penilaian hasil belajar sains secara komprehensif, otentik, dan berkelanjutan. Penilaian komprehensif adalah penilaian hasil belajar sains yang lengkap sesuai dengan hakikat sains dan ranah penilaian hasil belajar. Penilaian otentik adalah penilaian yang dilakukan sesuai dengah kegiatan pembelajaran yang dilakukan, misalnya penilaian sikap dan keterampilan saat pelaksanaan pembelajaran, penilaian penguasaan materi pelajaran dan produk hasil belajar lainnya setelah kegiatan pembelajaran. Penilaian berkelanjutan adalah penilaian yang dilakukan secara terus-menerus selama pembelajaran berlangsung.
Kata-kata Kunci: paradigma, penilaian hasil belajar, pembelajaran, sains.
Abstract
Learning achievement assessment is one of vital aspects in education and learning affecting the improvement of science learning quality. Low quality of science learning achievement can be caused by low quality of learning process. The improvement of science learning quality can be done by changing the paradigm of learning achievement assessment. This paper aims to describe and explain the changing of learning achievement assessment paradigm as an effort to improve the quality of science learning process. The methods used to explore this problem are the reflection of current empirical experiences of learning achievement and the theoretical interpretation of the nature of science and science learning. The study results recommend the changing of science learning achievement paradigm includes comprehensive assessment, authentic assessment, and sustainable assessment. Comprehensive assessment is a complete science learning achievement in accordance with the characteristics of science and learning domains. Authentic assessment is assessment conducted based on the real learning activities, such as assessment for scientific attitude and skill during learning process, assessment for knowledge and other learning products after learning process. Sustainable assessment is assessment conducted continually along learning process.
Key Words: paradigm, learning achievement, learning process, science