PENERAPAN PENDEKATAN ICARE BERBANTUAN MAPLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Penulis

  • I Made Suarsana

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Undiksha yang melibatkan 26 orang mahasiswa kelas A pada semester genap tahun akademik 2010/2011. Adapun tindakan yang diberikan berupa penerapan pendekatan ICARE berbantuan Maple pada perkuliahan Analisis Vektor. Tindakan yang diberikan berhasil meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dari 68,35 (kategori: sedang) pada siklus I menjadi 73,38 (kategori: tinggi) pada siklus II. Tindakan juga berhasil meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dari 72,28 (skala 100) dengan nilai A dan B sebesar 53,85% pada siklus I menjadi 73,58 dengan nilai A dan B sebesar 65,38% pada siklus II. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan pendekatan ICARE berbantuan Maple.

Diterbitkan

2012-10-15

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional MIPA