Pengaruh Jenis Kelamin, Indeks Prestasi Kumulatif serta Angkatan Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha
DOI:
https://doi.org/10.23887/bjm.v6i2.26855Keywords:
college student, financial literacyAbstract
This study discusses the challenges of gender, grade point average, and force both simultaneously and partially on the financial literacy of college students of the Management Study Program at the Faculty of Economics, Ganesha University of Education. This a type of quantitative research with multiple linear regression analysis methods. Determination of the sample is based on 110 proportional sampling and accidental sampling techniques. The instrument approves the data in the form of a questionnaire. The results of this study were: (1) gender, grade point average, and force had a significant effect on college student’ financial literacy, (2) gender did not affect on college student’ financial literacy, (3) grade point average had a positive and significant effect on college student’ financial literacy, (4) force had a positive and significant effect on college student’ financial literacy.
References
Antara. 22 Februari 2019. OJK: Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Indonesia Rendah.
Ariani, N. A. dan Susanti. 2015. Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Financial Literacy Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2012.
Choong. 15 Novvember 2013. MasterCard Index of Financial Literacy Report (2013H1).
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Indrawan, R. dan Yaniawati, P. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Iraman, M. 2018. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Financial Literacy di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 1. No. 2.
Krishna, A., Rofaida, R. & Sari, M. 2010. Analisis Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya (Survey pada Mahasiswa Univeristas Pendidikan Indonesia). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, IndonesiaI.
Mandala, N. N & Wiagustini, L. P. 2017. Pengaruh Variabel Sosial Ekonomi, Demografi dan IPK Terhadap Financial Literacy (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Magister Manajemen di Universitas Udayana. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Udayana. Vol. 6. No. 12.
Margaretha, F & Pambudhi, R. A. 2015. Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Keuangan. Vol. 17. No. 1. (Hlm 76-85)
Maulani, S. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan (Studi pada Mahasiswa Jurursan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Aktif Semester Genap Tahun 2015/2016. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Mediandani, L. A. 2019. Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Skripsi. Jurusan Manajemen, Univeristas Pendidikan Ganesha
OJK. 2016. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.
OJK. 2017. Strategi Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (Revisit 2017). Jakarta: Otorotas Jasa Keuangan.
Prayogi, F. D. & Haryono, N. A. 2017. Literasi Keuangan Pada Masyarakat Bangkalan Madura. Seminar Nasional Riset Inovatif. Jurusan Manajemen. Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Surabaya. .
Priyanto, D. 2018 SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: ANDI
Rita, M. R dan Persudo. 2014. Apakah Mahasiswa Sudah Melek Keuangan?. Jurnal Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Vol. 3. No. 1
Rizaldi, M. A dan Asandimitra, N. 2019. Pengaruh Demografi, Pengalaman Bekerja dan Pendidikan Pengelolaan Keuangan Orang Tua Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 7. No. 2
Sakinah, G. dan Mudakir, B. 2018. Analisis Literasi Keuangan Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Angkatan 2014-2017. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan. Vol. 1. No. 2
Siregar. S. 2011. Statistika Deskripstif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Soetiono, S. K & Setiawan, C. 2018. Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sujaweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sujarweni, V.W. dan Endrayanto P. 2012. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suryanto & Rasmini, M. 2018. Analisis Literasi Keuangan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Survei pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. Vol. 3. No. 2
Herawati, N. T. 2017. Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Riset Inovatif. Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.
Wardani, E. W., Susilaningsih & Sangka, K. B. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol. 3. No. 3.
Wijayanti, Agustin, G. & Rahmawati, F. 2016. Pengaruh Jenis Kelamin, IPK, dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 9. No. 1.