ANALISIS PENURUNAN PENDAPATAN SEKTOR PARIWISATA SEBUAH KAJIAN DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN KEUANGAN

Penulis

  • Ni Putu Deni Rena Ati
  • I Wayan Bagia
  • I Wayan Suwendra

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v4i1.21972

Kata Kunci:

penurunan pendapatan, manajemen keuangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai (1) penyebab terjadinya penurunan pendapatan sektor pariwisata (2) dampak penurunan pendapatan terhadap pembiayaan pembangunan, dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi penurunan pendapatan sektor pariwisata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) penyebab terjadinya penurunan pendapatan sektor pariwisata di tinjau dari beberapa aspek yaitu (a) manajemen keuangan, (b) manajemen pemasaran, (c) manajemen sumber daya manusia, (d) manajemen produksi dan operasi, dan (e) aspek sosial budaya, (2) dampak penurunan pendapatan terhadap pembiayaan pembangunan adalah minimnya alokasi dana pembangunan fasilitas umum baik untuk perawatan fasilitas yang sudah ada maupun pembangunan fasilitas baru (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi penurunan pendapatan sektor pariwisata adalah memaksimalkan sumber dana yang ada untuk menghidari pemborosan, mengintensifkan pemungutan pajak dan retribusi daerah, menganalisis peluang investasi, menentukan skala prioritas untuk memporsikan pembagian pendapatan, mengadakan penyuluhan kepada pedagang asong untuk membuat pertokoan, mengoptimalkan tempat rekreasi yang ditawarkan dan menggali potensi pariwisata yang ada, menyeleksi dan merekrut karyawan sesuai dengan kebutuhan, memaksimalkan peranan polisi pariwisata untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan pariwisata, menjaga dan memelihara sejarah warisan budaya, menata kembali fasilitas parkir dan kualitas jalan menuju objek wisata dan mengoptimalkan unsur promosi.

Referensi

Anggarini, Firsti Saputri. 2004. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara di DKI Jakarta. Skripsi. Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas ekonomi dan manajemen, Institut Pertanian Bogor. Tersedia online:http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/19409/H04fsa.pdf?sequence=1. Diakses pada: Selasa, 19 Nopember 2013

Bagus, Gusti. 2001. Manajemen Keuangan. Denpasar: Universitas Udayana.

Kamaludin. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Bandung: Mandar Maju.

Kaho, Riwu. 2007. Prosfek Otonami Daerah. Yogyakarta: UGM Press

Siki, I Nyoman. 2003. Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Penurunan Perkembangan Kawasan Wisata Candidasa Kabupaten Karangasem Bali. Abstrak Tugas Akhir. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang . Tersedia online: http://eprints.undip.ac.id/6304/1/I.NyomanSiki.pdf. Diakses pada: Selasa, 19 Nopember 2013

Syahdat, Epi. 2005. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan di Taman Nasional Gede Pangrango (tngp). Laporan penelitian. Tersedia online:http://fordamof.org/files/70.faktor%20%20faktor%20yang%20mepengaruhi%20kunjungan%20wisatawn%20di%20taman%20nasional%20ede%20pangrango%20(tngp).pdf. 19 nopember 2013

Wahab,Salah..2005.Manajemen kepariwisataan.Jakarta: PT.Pradnya Paramita.

Yoeti, Oka.A. 2008. Ekonomi Pariwisata. Jakarta: Kompas.

Diterbitkan

2019-11-25

Terbitan

Bagian

Articles