PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN
DOI:
https://doi.org/10.23887/bjm.v5i1.21979Kata Kunci:
harga, promosi, keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara simultan dan parsial dari harga dan promosi terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus.Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adaah mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan tahun 2015 dan 2016 yang pernah atau sedang menggunakan laptop merek Asus dan objek penelitian ini adalah laptop merek Asus. Adapun kriteria responden dalam penelitian ini adalah pengguna laptop merek Asus dengan minimal penggunaan selama 6 bulan. Data dikumpulkan dengan kuesioneryang memiliki total 13 pernyataan, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapat sampel sebanyak 65 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan (3) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus.
Referensi
Andrianto, Idris. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang” Diponegoro Journal Of Management Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013
Ahmadi, “Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Kasus: Pada Pt Hero Gas Jaya Ponorogo)” Ekomaks Volume 2 Nomor 1 Maret 2013
Dianti, ”Pengaruh Faktor Psikologis Dan subbudaya Agama terhadap Keputusan Pembelian Produk halal di Kota Padang (Studi Kasus Pada Kosmetik wardah)”.http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/303 (diakses tanggal 23 januari 2018).
Evelina, dkk. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi” Jurnal of social and politic tahun 2012 Http://Ejournals1.Undip.Ac.Id/Index.Php/
Fernando dan Aksari. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 1, 2018: 441-469
Ferdinand, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS Semarang
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gede, Prabowo. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word Of Mouth terhadap minat beli (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY Pengguna Iphone). Jurnal Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta
Heryanto. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 9, No. 2, Oktober 2015, 80-101 ISSN 2443-2121
Joel, Massie, Sepang. “Pengaruh Motivasi, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio Di Kota Manado”. Jurnal EMBA Vol.2No.3 September 2014, Hal. 1463-1472 ISSN.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lotulung, Lapian, Moniharapon. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Wom (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv.Tristar Jaya Globalindo Manado”. Jurnal EMBA Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal.817-826
Mahendrayasa, Kumadji, Abdillah“Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian” Jurnal Administrasi Bisnis” (Jab) Vol. 12 No. 1 Juli 2014.
Nurvidiana, hidayat, abdillah. “Pengaruh word of mouth terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei Pada Konsumen Republica Cafe Malang Jalan Mt. Haryono Gg.XI Malang)”. Jurnal administrasi bisnis (JAB) vol 22 No. 2 Mei 2015.
Pamungkas, Zuhroh. “Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang)” Komunikasi, Vol. X No. 02, September 2016: 145-160
Puspitayani dan Yuniawan. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca-Cola Di Kecamatan Semarang Selatan” Diponegoro Journal Of management Volume 4, Nomor 4,Tahun2015, Halaman1-14
Putri, dkk.“Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Dancow Pada Irian Supermarket Aksara”
Rizky Nst, Yasin. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan”. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14 No. 02 Oktober 2014 Issn 1693-7619
Sukotjo, Radix A. “Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya”. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol.1, No. 2, Oktober 2010, 216-228 ISSN
Susanto,” Pengaruh Harga, Produk, Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Laptop Merk Hp Di Kota Semarang” jurnal, B11.2006.01245