PENGARUH STRES KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BAGIAN TENAGA PENJUALAN UD SURYA RADITYA NEGARA

Penulis

  • Chadek Novi Charisma Dewi
  • I Wayan Bagia
  • Gede Putu Agus Jana Susila

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v4i2.22015

Kata Kunci:

kepuasan kerja, kinerja karyawan dan stres kerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang hal (1) pengaruh stres kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) hubungan stres kerja dengan kepuasan kerja, (3) pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan, dan (4) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada bagian tenaga penjualan UD Surya Raditya Negara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuisioner, pencacatan dokumen dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan stres kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) Ada hubungan negatif dan siginfikan stres kerja dengan kepuasan kerja karyawan, (3) ada pengaruh negatif dan signifikan stres kerja terhadap kinerja karyawan, dan (4) ada pengaruh positif dan signifikan kepuasaan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan pada bagian tenaga penjualan UD Surya Raditya Negara.

Referensi

Anoraga, Panji. 2005. Psikologi kerja. Cetakan kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko, T. Hani. 2001, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.Edisi 2. Cetakan Kedelapan Belas. Yogyakarta: BPFE.

-------. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu. S. P. 2012. Manajeman Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kaswan.2012. Manajeman Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta: Graha ilmu.

Luthans, Fred. 2006. Perlaku organisasi. Edisi 10. Yogyakarta: Andi.

Mauli, Tyur. 2012.Pengaruh Stres Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Dosen Politeknik Negeri Bengkalis). Jurnal Ilmiah, Volume 1 ,No 1 (hlm. 10-18).

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nur, Saina. 2013. Konflik, Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai Pada Universitas Khairun Ternate. Jurnal EMBA, Volume 1 No 3. (hlm 739-749).

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2010. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Rajawali Pers.

Robbins, Stphen P. 2007. Perilaku Organisasi. Edisi ke-10. Jakarta: PT Indeks.

Setyono,A. 2007. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Job Stress serta pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Salesman (Studi Kasus pada PT Adira Finance Cabang BAngkong Semarang).Jurnal Studi Manajeman dan Organisasi, Volume 4, Nomor 2. (hlm. 70-80).

Siagian, Sondang P. 2006. Manajeman Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Soegihartono, A. 2012. Pengaruh Kepemimpinan dan Kepuasan KerjaTerhadap Kinerja dengan Mediasi Komitmen (di PT Alam Kayu Sakti Semarang).JurnalMitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Volume 3, Nomor 1 (hlm. 123-140).

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Wahjono, Sentot Imam. 2010. Perilaku Organisasi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo. 2012. Manajeman Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Diterbitkan

2018-10-30

Terbitan

Bagian

Articles