Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan

Penulis

  • I.G. Angga Jaya Pratama Universitas Mataram
  • Burhanudin Burhanudin Universitas Mataram
  • G.A. Sri Oktaryani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v8i1.40055

Kata Kunci:

good corporate governance, manajerial ownership, institusional ownership, corporate social responsibility

Abstrak

The purpose of this study was to determine the effect of managerial ownership, institutional ownership, and corporate social responsibility on firm value. The sample in this study was taken using purposive sampling and obtained a sample of 10 companies from 43 banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI). The time period used in this research is 5 years, from 2015 to 2019. The analytical method used is multiple linear regression analysis with the help of the SPSS for Windows version 23 program. The results of this study indicate that managerial ownership has a positive and significant effect on the value of the company, institutional ownership has a negative and significant effect on firm value, while corporate social responsibility has a positive and insignificant effect on firm value

Referensi

Alfinur. (2016). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (GCG) Tehadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan yang Listing. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 12(1), 44–50.

Fathurrozi. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Universitas Mataram.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivarate Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hapsari, A. A. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate SOCIAL RESPONSIBIITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1, 211–222.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). THEORY OF THE FIRM: MANAGERIAL BEHAVIOR, AGENCY COSTS AND OWNERSHIP STRUCTURE. Journal of Financial Economics 3, 305–360. https://doi.org/10.1177/0018726718812602

Kusumaningtyas, T. K. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks Sei-Kehati. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 4(7), 305–360.

Nurfasa, B. D. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2015). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(4), 45–80.

Pujana, G. A. W. (2016). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Universitas Airlan.

Ramadhani, H. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(4), 35–90.

Retno, R. D., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Trehadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2010. Jurnal Nominal, 1(1), 84–103.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susilawati. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan. Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 31–46. https://doi.org/10.29303/akurasi.v2i1.13

Syafrinaldi, K. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan. Jom FEKON, 2, 1–15.

Wahyudi, U., & Pawestri, H. P. (2006). Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan: Dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi, 9, 1–25.

Wardoyo, & Agustini, R. M. (2015). Dampak Implementasi RGEC Terhadap Nilai Perusahaan Yang Go Public. Kinerja, 19(2), 126–138.

Weston, J. F., & Copeland, E. T. (2004). Manajemen Keuangan (Edisi Semb). Binarupa Aksara.

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep Aplikasi CSR. Fashco Publishing.

Yuniarti, E. (2007). Analisis Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial pada Sektor Perbankan di Indonesia. Universitas Diponegoro Semarang.

Diterbitkan

2022-04-27

Terbitan

Bagian

Articles