Keefektifan Penerapan Metode Simulasi Dalam Pembelajaran Ekonomi (Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM Tahun Ajaran 2012-2013)

Ni'matul Istiqomah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran simulasi dengan metode penelitian eksperimen untuk menguji efektifitas metode simulasi dan sebagai pembanding digunakan kelas kontrol metode mind mapping dan inquiry. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif yaitu untuk mengetahui interaksi antara metode, economic literacy dan gaya belajar serta menggunakan statistik analisis varian dengan variabel moderator economic literacy  dan gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dimana siswa yang belajar dengan menggunakan metode simulasi memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dengan gain score sebesar 25.581. Selain itu, hasil Tests of Between-Subjects Effects 0,033 < 0,05 menunjukkan terdapat interaksi antara metode, economic literacy dan gaya belajar siswa.

 

Kata Kunci: economic literacy, gaya belajar, hasil belajar, inquiry, mind mapping.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ekuitas.v1i1.12758

Article Metrics

Abstract view : 416 times
PDF file view : 1035 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi

Ekuitas : Jurnal Pendidikan Ekonomi e-ISSN : 2549-2292 (Online) p-ISSN : 2354-6107 (Print) is published By Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

In Collaboration With

ASOSIASI PROFESI PENDIDIK EKONOMI INDONESIA (ASPROPENDO)

Indexed by :

Ekuitas Undiksha OneSearch

Crossref Ekuitas BASE Ekuitas Moraref Index Copernicus JPI DimensionsAkreditasi SINTA 5

Lisensi Creative Commons
All content on Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi is published under the Creative Commons Attribution License (CC-BY)

View My Stats