Efektivitas Implementasi Regrouping Sekolah Dasar di SD No. 2 Banjar Tegal Kecamatan Buleleng

Luh Indrayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) manajemen sekolah, (2) iklim sekolah, (3) kualitas pembelajaran, dan (4) kendala-kendala yang dialami kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan kegiatan sekolah setelah regrouping di SD No. 2 Banjar Tegal Kecamatan Buleleng. Hasil penelitian yang ditemukan adalah: (1) manajemen sekolah secara umum berjalan efektif. Efektivitas juga terjadi pada manajemen pembelajaran, manajemen kesiswaan, manajemen kepegawaian, manajemen sarana/prasarana, manajemen keuangan, manajemen humas, dan manajemen layanan khusus, (2) setelah terjadi regrouping sekolah menunjukkan iklim sekolah yang baik, meliputi lingkungan yang kondusif dan fasilitas belajar yang menyenangkan, (3) kualitas pembelajaran menunjukkan kategori baik, hal ini dapat dilihat dari apersepsi, eksplorasi, konsolidasi pembelajaran, pembentukan kompetensi, sikap dan perilaku, penilaian formatif, dan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran yang terdiri dari rencana pembelajaran dan proses pembelajaran, dan (4) setelah terjadi regrouping kepala sekolah dan guru-guru tidak mengalami kendala yang berarti.

 

Kata-kata Kunci: Efektivitas, Implementasi, Regrouping, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ekuitas.v1i1.12763

Article Metrics

Abstract view : 477 times
PDF file view : 986 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi

Ekuitas : Jurnal Pendidikan Ekonomi e-ISSN : 2549-2292 (Online) p-ISSN : 2354-6107 (Print) is published By Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

In Collaboration With

ASOSIASI PROFESI PENDIDIK EKONOMI INDONESIA (ASPROPENDO)

Indexed by :

Ekuitas Undiksha OneSearch

Crossref Ekuitas BASE Ekuitas Moraref Index Copernicus JPI DimensionsAkreditasi SINTA 5

Lisensi Creative Commons
All content on Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi is published under the Creative Commons Attribution License (CC-BY)

View My Stats