Studi Komparatif Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS antara Moving Class dengan Kelas Menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2013/2014

Komang Nova Arysandhi, Made Ary Meitriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class, (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar kelas menetap, dan (3) perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan penataan lingkungan belajar  moving class dengan penataan lingkungan belajar kelas menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Independent-Sample t-test yang diolah dengan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class sebesar 78,99 tergolong kategori tinggi, (2) rata-rata motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar kelas menetap sebesar 63,38 tergolong cukup tinggi, dan (3) ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class dengan penataan lingkungan belajar kelas menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan tahun ajaran 2013/2014, dengan perolehan thitung > ttabel (27,527>1,967).

 

 Kata kunci : kelas menetap, motivasi belajar siswa, moving class.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ekuitas.v2i1.12772

Article Metrics

Abstract view : 324 times
PDF file view : 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi

Ekuitas : Jurnal Pendidikan Ekonomi e-ISSN : 2549-2292 (Online) p-ISSN : 2354-6107 (Print) is published By Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

In Collaboration With

ASOSIASI PROFESI PENDIDIK EKONOMI INDONESIA (ASPROPENDO)

Indexed by :

Ekuitas Undiksha OneSearch

Crossref Ekuitas BASE Ekuitas Moraref Index Copernicus JPI DimensionsAkreditasi SINTA 5

Lisensi Creative Commons
All content on Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi is published under the Creative Commons Attribution License (CC-BY)

View My Stats