Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Kognisi dan Keterampilan Sosial Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Putu Budiastana SMP Negeri 1 Kubutambahan, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12782

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPS yang dikelompokkan menjadi kemampuan kognisi dan keterampilan sosial. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan the posttest-only control group design dengan melibatkan sampel sebanyak 78 orang siswa SMP Negeri 4 Tejakula. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data ada dua yaitu tes kemampuan kognisi dan lembar observasi keterampilan sosial. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dan manova. Hasil analisis penelitian pertama, model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognisi dan keterampilan sosial siswa (F = 74,196 ; α = 0,05). Kedua, model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognisi siswa (t hitung = 9,61; α = 0,025). Ketiga, model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan sosial siswa (t hitung = 13,56; α = 0,025). Hasil penelitian ini memberikan indikasi bahwa model pembelajaran ini sangat tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Kognisi, Keterampilan Sosial.

Downloads

Published

2015-06-07

Issue

Section

Articles