Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Kualitas Output Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri Seririt Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016

Authors

  • Rosiana Hazra Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Istiqlal Buleleng
  • M. Rudi Irwansyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Istiqlal Buleleng
  • Nunuk Ikhtiarini Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Istiqlal Buleleng

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i2.12791

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah perencanaan, implementasi dan evaluasi Total Quality Management (TQM)  di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Seririt Kec. Seririt Kab. Buleleng tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis interaktif dimulai dari wawancara, observasi, mengedit, mengklasifikasi, mereduksi,  selanjutnya  aktivitas penyajian data serta menyimpulkan data.

Hasil penelitian ini adalah perencanaan Total Quality Management (TQM) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Seririt Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2015/2016 adalah fokus pada pelanggan, perbaikan proses, keterlibatan total. Sedangkan unutk implementasi Total Quality Management (TQM)  dilaksanakan dengan cara pengelolaan Sistem administrasi (keuangan sekolah) dengan baik dan benar, perbaikan manajemen proses belajar mengajar di kelas. Dan pengefektifan transparansi nilai. Sedangkan pada evaluasi Total Quality Management (TQM) mengarah pada menigkatnya kualitas output, dari aspek prestasi belajar peserta didik.

 

Kata Kunci: total quality management, kualitas output

Downloads

Published

2016-12-05

Issue

Section

Articles