Peranan Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Proses Belajar Siswa di SMK N 1 Singaraja

Authors

  • Ni Luh Rani Damayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • M. Rudi Irwansyah Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v11i2.60093

Keywords:

Competence, teacher performance, pedagogic competence, personal competence, professional competence, social competence

Abstract

Teacher competence is of course very important in a student learning process. This study aims to describe the role of competence in improving teacher performance in the student learning process at SMK N 1 Singaraja using a descriptive design. The subjects in this research were 30 teachers at SMK Negeri 1 Singaraja. The object of this research is to describe the role of competency in improving teacher performance in the student learning process at SMK N 1 Singaraja. The data collection instruments used in this research were observation, semi-structured interviews, and documentation. The research results show that pedagogic, personality, professional, social competence plays an important role in improving teacher performance in the student learning process).

References

Daradjat, Zakiah. 2005. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.

Hasbi, Andi Muliyadi, Andi, and Gunawan. 2021. “Kondisi Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Soppeng.” Bata Ilyas Educational Management Review 1(1):1–7.

Indonesia, Presiden Republik. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

Ismail, M. I. 2020. “Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1):44–63.

Janawi. 2012. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Kurniasih, Imas, and Berlin Sani. 2017. Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik Teori Dan Praktik Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kurniawan, R. Y. 2016. Entifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk Meningkatkan Mutu Dan Profesionalisme Guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) (Pp. 2 - 5). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Manik, Sudarmin, and Nova Syafrina. 2018. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 11(1).

Nurhayati, S. 2018. “Hubungan Kinerja Supervisor Dengan Tingkat Kompetensi Guru Sekolah Dasar Di Kota Malang.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan 1(2).

Permendiknas. 2007. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.”

Prayitno, P. J. 2019. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMA.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2):46–55.

Siregar, N. S. S. 2017. “Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak.” JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA) 1(1):46–55.

Sudja, I. Nengah. 2013. “Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan Diri, Sistem Penghargaan, Lingkungan Kerja, Terhadap Komitmen Pada Profesi Dan Profesionalisme Guru SMA Negeri Di Bali.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen 9(2).

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta.

Wardany, D. K. 2020. “Kontribusi Kepemimpinan Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru.” JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2):73–82.

Widayanti, L. 2017. “Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.” Jurnal Fisika Indonesia 17(49).

Wijaya, M. 2021. “Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Dengan Prinsip e-Pedagogy Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Penabur 11(19):20–27.

Wulandari, B., and H. D. Surjono. 2017. “Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 3(2).

Downloads

Published

2024-01-03

Issue

Section

Articles