Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Lisa Concrete Indonesia di Kecamatan Kubu

Authors

  • I Komang Sumandika Adhy Pranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Rai Suwena Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v12i2.82170

Keywords:

Product quality, service quality, customer satisfaction

Abstract

In conducting this research activity, the purpose of the researcher is to carry out the testing process: (1) the effect given by Product Quality on Customer Satisfaction at PT Lisa Concrete Indonesia in Kubu District, (2) the effect given by Service Quality on Customer Satisfaction at PT Lisa Concrete Indonesia in Kubu District, and (3) the effect given by Product Quality and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Lisa Concrete Indonesia in Kubu District. This activity uses a type of quantitative research. The population used by the researcher is consumers who have made purchases at PT Lisa Concrete Indonesia in Kubu District, so the number of samples that support this research is as many as 50. The sample technique used is the Random Sampling technique. The analysis technique used is multiple linear regression analysis with partial (t test) and simultaneous (F test) hypothesis testing. The results of this study indicate that: (1) product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction at PT Lisa Concrete Indonesia in Kubu District, (2) service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction at PT Lisa Concrete Indonesia in Kubu District, (3) product quality and service quality simultaneously affect customer satisfaction at PT Lisa Concrete Indonesia in Kubu District.

References

Aria Mulyapradana dan Atik Indah Lazulfa. (2018). Tata Kelola Administrasi Untuk Meningkatkan Kkualitas Pelayanan Administrasi di PT. BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politenik Ganesha Medan, 16.

Arianto, N. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG DALAM MENGGUNAKAN JASA HOTEL RIZEN KEDATON BOGOR. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856

Basith, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan De’pans Pancake And Waffle Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 11, hal: 1-8.

Danang, & Sunyoto. (2013). Metodelogi Penelitian Akuntansi. PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Daryanto dan Setyobudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta : Gava Media.

Kotler & Gary Armstrong, & Philip. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran: Vol. Jilid 1 (Edisi 13). Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (Jilid I). Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran: Vol. Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Kotler, & Philip dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran: Vol. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kriyantono, & Rachmat & Halimatus Sa’diyah. (2018). Kearifan Lokal dan Strategi Komunikasi Publik. Jakarta: Kencana.

Lovelock, W. dan M. (2010). Pemasaran Jasa: Vol. Jilid 1 dan 2 (edisi ketujuh). Penerbit Erlangga. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Lupiyoadi. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Parasuraman, Valarie, Zeithaml, & Leonard. (2002). “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality” (1st ed., Vol. 64).

Putro, S. K. dan B. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2, 1–9.

Risky Nurhayati. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2009 Pengguna Handphone Merek Nokia). Yogyakarta: UPN.

Sembiring, S. & K. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 15.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Andi, Yogyakarta.

Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono dan Fandy. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.

Windarti dan Ibrahim. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu (Studi Pada Konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang-Pekanbaru). Jurnal Administrasi Bisnis, 10–29.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Pranata, I. K. S. A. ., & Suwena, K. R. . (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Lisa Concrete Indonesia di Kecamatan Kubu. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 313–321. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v12i2.82170

Issue

Section

Articles