ANALISIS KONSENTRASI KLOR AKTIF PADA SALURAN DISTRIBUSI AIR PDAM KABUPATEN BULELENG

Authors

  • I Wayan Adiputra Gunawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijacr.v2i1.28710

Keywords:

Analisis, konsentrasi, klor aktif, reservoir, saluran distribusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kualitas air minum PDAM Kabupaten Buleleng ditinjau dari konsentrasi klor aktif pada saluran distribusi. Penelitian ini dilakukan pada saluran distribusi air PDAM Kabupaten Buleleng yang didistribusikan dari reservoir Tegal Sari.

Subjek penelitian ini adalah air minum PDAM Kabupaten Buleleng. Objek penelitian ini adalah konsentrasi klor aktif pada air minum PDAM Kabupaten Buleleng. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data konsentrasi klor aktif yang dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan (1) konsentrasi klor aktif rata-rata pada saluran distribusi air minum PDAM Kabupaten Buleleng adalah antara 0,11-0,4 mg/L. Air minum PDAM Kabupaten Buleleng pada saluran distribusi ini memiliki kualitas yang baik bila ditinjau dari konsentrasi klor aktif karena memenuhi syarat kualitas air minum dari Departemen Kesehatan (Depkes) dalam PERMENKES No.907/MENKES/VII/2002. (2) konsentrasi klor aktif mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya j arak distribusi. Konsentrasi klor aktif pada sore hari lebih kecil dari konsentrasi klor aktif pada pagi dan siang hari.

 

References

Ahmad Hiskia.2001. Kimia Unsur dan Radiokimia. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Alaert, G dan Sri Sumestri santika. 1984. Metode Penelitian Air. Surabaya : Usaha Nasional.

Anonim, PERMENKES No.907/MENKES/SK/VII/2002 Departemen Kesehatan : Jakarta.

Anonim, Standar Operasional Prosedur (SOP) Laboratorium PDAM Buleleng.

Anonim, Keputusan Bupati Buleleng No.397 tahun 1993 tanggal 2 Agustus 1993 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja PDAM Kab. Buleleng.

Bruce Albert, et.al. 1994. Biologi Molekuler Sel. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Keenan, et. Al. 1995. Kimia Untuk Universitas.Jakarta: PT Erlangga

Kiyotoka Morri, et.al. 1993. Manual on Hydrology. Diterjemahkan oleh Suyono Sosrodarsono dan Kensuka Takeda. Jakarta : Paradnya Paramitha.

Sri Harto BR. 1993. Analisis hidrologi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sudiana,Manipan Siregar dan Lanang Wiratma. 2002 Bahan Ajar Kimia Analisis Air. Singaraja : Jurdik Kimia IKIP N Singaraja.

Winaja, I Wayan. 1986. Perubahan Konsentrasi Klor Aktif pada Saluran Distribusi Air PDAM Buleleng. Skripsi.Tidak Diterbitkan.

Downloads

Published

2020-09-25

Issue

Section

Articles