Pengaruh Komunikasi, Konflik Peran dan Stres Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Penta Valent di Denpasar

Authors

  • I Made Adi Suwandana Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i2.16206

Keywords:

komunikasi, konflik peran, stres, kinerja karyawan.

Abstract

Dalam dunia yang diwarnai persaingan global, terutama dalam aspek bisnis dan ekonomi, perusahaan membutuhkan kinerja tinggi dari semua karyawannya. PT. Penta Valent di Denpasar dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan, memberikan perhatian dan menemui masalah terkait komunikasi, konflik peran dan stres. Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masalah adalah: bagaimana pengaruh komunikasi, konflik peran dan stres terhadap kinerja karyawan pada PT. Penta Valent di Denpasar ?. Jumlah responden ditentukan oleh metode sensus dari 62 karyawan. Hasil analisis data, menjelaskan bahwa ada pengaruh positif secara simultan antara komunikasi, konflik peran dan stres dengan kinerja karyawan pada PT. Penta Valent di Denpasar. Ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara komunikasi, konflik peran dan stres terhadap kinerja karyawan di PT. Penta Valent di Denpasar

References

Ahiruddin, (2013), Pengaruh Konflik dan Stress Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bina Cipta Nusa Perkasa Bandar Lampung, Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol.I No.1, Hal. 82-88.

Anwar Prabu Mangkunegara, (2012), Evaluasi Kinerja SDM, Penerbit Refika Aditama, Bandung.

Ardana, I Komang, Wayan Mudiartha Utama dan Wayan Mujiati, (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Cendhikia Dimas Bagaskara, Utami, Hamidah Nayati, Prasetya, Arik 2016 Pengaruh konflik kerja dan stres kerja terhadap motivasi kerja Karyawan dan kinerja karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Jatim Selatan. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id. diakses 2 januari 2018.

Hafni, Layla, Musliadi. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Konflik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dibengkel Pt. Agung Toyota Sutomo Pekanbaru. KURS Vol. 1 No. 2,

Husein Umar, (2012), Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Imam Ghozali, (2013), Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Upadate PLS Regresi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Iresa, Amelia Rahma, Utami, Hamidah Nayati, Prasetya, Arik 2015 Pengaruh konflik kerja dan stres kerja terhadap komitmen organisasional dan kinerja karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Malang.Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id. diakses 25 Desember 2017.

J. Winardi, (2013), Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Malayu SP. Hasibuan, (2014), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Marwansyah, (2014), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Paramita, Lalujan, Victor P.K. Lengkong, Greis M. Sendow. 2016. Pengaruh Komunikasi Organisasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara. Jurnal EMBA Vol.4 No.1, Hal. 131-142.

M. Yani, (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.

Prasetyo, Sandra Azwar. 2013. Pengaruh Pemahaman Konflik Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Citra Alam Abadi Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 2 No. 9.

Riduwan dan Akdon, (2013), Rumus dan Data dalam Analisis Statistika, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sedarmayanti, (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit PT. Refika Aditama, Bandung.

Stephen P. Robbins dan Timothy A. Judge, (2015), Perilaku Organisasi Organizational Behavior, Edisi 16, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2014), Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tamauka Marsello Giovanni, (2015), Pengaruh Konflik Peran, Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Air Manado, Jurnal EMBA Vol.3 No.3, Hal. 90-98.

T. Hani Handoko, (2014), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Tubagus Achmad Darodjat, (2015), Konsep-Konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini, Penerbit PT. Refika Aditama, Bandung.

Veithzal Rivai, (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Dari Teori ke Praktik, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Veithzal Rivai dan Ella Jauvani Sagala, (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktek, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Wibowo, (2014), Perilaku Dalam Organisasi, Penerbit. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Yohanda, Danang. 2013. Pengaruh Konflik peran dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pada PT Terafulk Mergantara Design. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2018-12-05

How to Cite

Suwandana, I. M. A. (2018). Pengaruh Komunikasi, Konflik Peran dan Stres Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Penta Valent di Denpasar. International Journal of Social Science and Business, 2(2), 55–60. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i2.16206

Issue

Section

Articles