Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Muamalat di Kabupaten Jember

Authors

  • Kholidiyyah Ainur Latif Universitas Muhammadiyah Jember
  • Diyah Probowulan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nina . Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21499

Keywords:

Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Sistem Kualiatas (kualitas sistem), Kualitas Informasi (kualitas informasi), Kualitas Layanan (kualitas layanan) terhadap Kepuasan Pengguna (kepuasan pengguna) dalam Sistem Informasi Akuntansi secara parsial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan bank yang menggunakan sistem informasi akuntansi di Bank Muamalat di Kabupaten Jember, yang berjumlah 22 orang yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan alat dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang menghasilkan Y = 20.126 + 0.111X1 + -0.354 X2 + 0.062X3. Dari hasil uji t (parsial) sistem mutu terdapat nilai 0,698 <t tabel 2,101 dan nilai signifikansi 0,493> 0,05, yang berarti bahwa hipotesis kualitas sistem tidak mempengaruhi kepuasan pengguna dalam sistem. Informasi akuntan. Dan dari variabel Kualitas Informasi (kualitas informasi) terdapat nilai -1,440 <ttabel 2,101 dan nilai signifikansi 0,165> 0,05, yang berarti bahwa hipotesis Kualitas Informasi tidak mempengaruhi kepuasan pengguna dalam Sistem Informasi Akuntansi. Demikian juga, variabel kualitas layanan memiliki nilai -0,397 <ttabel 2,101 dan nilai signifikansi 0,696> 0,05 yang berarti bahwa hipotesis kualitas layanan tidak mempengaruhi kepuasan pengguna dalam Sistem Informasi Akuntansi.

References

Bailey, J.E. dan S.W. Pearson. 1983. Development of a Tool For Measuring And Analyzing Computer User Satisfaction. Management Science 29 (May).

Bondar, George H, and William S.Hopwood. 2006. Sistem Informasi Akuntansi, Buku I, Salemba Empat. Jakarta.

Delone, W., and McLean E.R. 1992. Information System Success : The Quest Fo The Dependent Variable. Information System Research.

Delone, W., and McLean E.R. 2003. The Delone And Mclean Model Of Information System Success : A Ten Year Update. Journal of MIS.

Delone, William H. and McLean, Epharaim R. 2016. Information System Success : The Quest For The Dependen Variable. Information System Research, Vol 3 : 60-95.

Doll, William dan Xiadong Den. 2011. The Collaborative Use of Information Technology : End User Participation and Systems Success. Information Resources Management Journals. ABI/INFORM Global.

Ghozali Imam. 2005. Model Persamaan Struktural : Konsep Dan Aplikasi Dengan Program Amos Versi 5.0. Badan Penerbit Univeritas Diponegoro. Isbn 979.704.233.2.

Ghozali Imam. 2006. Model Persamaan Struktural : Konsep Dan Aplikasi Dengan Program Amos Versi 5.0. Badan Penerbit Univeritas Diponegoro. Isbn 979.704.233.2.

Ghozali Imam. 2007. Model Persamaan Struktural : Konsep Dan Aplikasi Dengan Program Amos Versi 5.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ISBN 979.704.232.2.

Gumaires, T., D.S. Staples, and J.D. McKeen.2003. Empirically Testing Some Main User –Related Factor for Systems Development Quality. Quality Management Journal 10, no 4.

Hartono, Jogiyanto. 2007. Analisis Dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Edisi Kedua. Andi Offset. Yogyakrta.

Istianingsih Dan Wijanto, Setyo Hari, 2008. Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Terhadap Kinerja Individu (Studi Empiris Pada Pengguna Paket Program. Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Di Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi XII. Palembang.

Istianingsih dan Utami. 2009. Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Terhadap Kinerja Individu Pada Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Di Indonesia. SNA XII. Palembang.

McKeen JD, Gumaires T and Wetherbe JC. 1994. The Relationship Between User Participation and User Satisfaction : An Investigation of Four Contingency Factors. MIS Quarterly.

Radityo, D., dan Zulaikha. 2007. Pengujian model delone dan McLean dalam pengembangan sistem informasi manajemen. Jurnal symposium nasional akuntansi.

Radityo, D., dan Zulaikha. 2007. Pengujian model delone dan McLean dalam pengembangan sistem informasi manajemen. Jurnal symposium nasional akuntansi.

Seddon, Petter B. 1997. A Respecification and Extension of The Delone and McLean Model of IS Success. Information Systems Research, vol. 8:240-253.

Sekaran, U. Research Methods for Bussiness : A Skill-Building Approach 4th. New Jersey : John Wiley and Sons, Ins., 2003.

Sugiyono, 2004. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Method). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Method). Bandung : Alfabeta.

Suryaningrum, D. H. 2003. The Relationship Between User Participation And System Success : Study Of Three Contingency Factor on BUMN in Indonesia. Simposium nasional akuntansi. Surabaya.

Wahyu Winarno. 2006. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Ke-2. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Latif, K. A., Probowulan, D., & ., N. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Muamalat di Kabupaten Jember. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 415–422. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21499

Issue

Section

Articles