Penilaian Kinerja Manager Pusat Pendapatan dalam Perspektif Akuntansi Pertanggungjawaban pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Khayangan Jember

Authors

  • Ikmalus Sholihin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Diyah Probowulan Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Rendy Mirwan Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21665

Keywords:

Penilaian Kinerja, Akuntansi Akuntabilitas. Manajer Pusat Pendapatan

Abstract

Fenomena dalam penelitian ini adalah melihat perkembangan perusahaan ini mulai 2015 berfluktuasi sehingga target perusahaan kurang optimal. Oleh karena itu PDP Kalimarasawan memerlukan manajemen produksi dan pemasaran sebagai pusat pendapatan, di mana tugas manajemen produksi dan pemasaran adalah untuk memprediksi target produksi dan mempromosikan produk-produk perusahaan, membuat prakiraan penjualan dan menganalisis pasar, dengan tujuan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. dicapai yaitu laba dan dapat menjadi unggul di antara perusahaan pesaing yang bergerak di industri yang sama. Metode pengumpulan data dilakukan dalam berbagai pengaturan, berbagai sumber, dan berbagai cara dan secara umum ada empat teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi/kombinasi. Analisis sistematis data yang diperoleh dari wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lainnya, sehingga mudah dipahami, dan temuan dapat diinformasikan kepada orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja manajer pendapatan pusat kurang optimal, dengan persentase pendapatan perusahaan berfluktuasi dari 2015-2018. Penyebab fluktuasi pendapatan perusahaan adalah pertama bahwa manajemen produksi kurang tepat dalam memprediksi iklim dan cuaca sehingga mempengaruhi target produksi yang direncanakan, kedua manajer pemasaran tidak pandai membaca pasar

References

Adisaputro, Gunawan dan Anggraini, Yunita. 2007. Anggaran Bisnis. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit YPP STIMYKPN.

Anthony, Robert N. dan Govindaraja, Vijay, 2009. Sistem Pengendalian Manejemen. Jilid 1. Jakarta:Salemba Empat.

Anwar, Iyang Sri Anandari. 2013. Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Prestasi Kerja Pada PT. Telkom Witel Jawa Timur (Jember). Skripsi Program Studi Akuntasi Universitas Jember.

Dwijayanti, Arie. 2015. Implementasi Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Penilaian Kinerja Manager Pusat Pendapatan Pada PT. Niaga Nusa Abadi Cabang Jember. Skripsi Program Jurusan Akuntansi Universitas Jember.

Hansen,dan Mowen. 2009. Akuntansi Manejerial. Jakarta: Salemba Empat.

Hansen, Don R, dan Maryanne M. Mowen, 2005 Management Accounting, Edisi Tujuh, Buku Dua, Terjemahan Dewi Fitriasihdan Denny Arnos Kwari. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Harrison, Walter T. Horngren, Charles T. Thomas, Bill dan Suwardy, Themin. 2011. Financial Accounting. 8/th-Edition.

Hongren, Charles T dan Datar. 2005. Pengantar Akuntansi Manajemen, Terjemahan Moh. Badjuri dan Drs. Kusnedi, Edisi VI. Jakarta: PT Salemba Empat.

Muharam, Regi 2011. Biaya dan Penilaian Prestasi Kerja. http:/oboutz.wordpress.com/2011/11/18.

Mulyadi. 2004. Akuntansi Manajemen. Akuntansi Manajemen, Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Cetakan Sebelas. Yogyakarta: BPFE.

Selamat, Ilat, Tiyaroh, Victoria. Z. 2014. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Penilaian Kinerja Pusat Pendapatan Pada PT. Asean Motor International Cabang Manado. Jurnal Emba Vol. 2, No. 2, 2014.

Sriwidodo, Untung. 2010. Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Prestasi Kerja. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 8, No 1, April 2010: 18-14.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Ke-20. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Suwandi. 2008. Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Prestasi Kerja. Jurnal Logos Vol. 6, No. 1, Juli 2008:55-70.

Viyanti dan Tin, Se. 2010. Akuntansi Pertanggngjawaban Sebagai Alat Pengendalian Manajemen Terhadap Prtestasi Kerja. Jurnal Ilmiah Akuntansi Tahun ke-1, No.3.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Sholihin, I., Probowulan, D., & Mirwan, R. (2019). Penilaian Kinerja Manager Pusat Pendapatan dalam Perspektif Akuntansi Pertanggungjawaban pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Khayangan Jember. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 507–515. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21665

Issue

Section

Articles